“Analisis Perbedaan Attractiveness Key Opinion Leader (KOL) dan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Produk Somethinc Pada Aplikasi Tiktok (Studi Pada Mahasiswa S1 di Universitas Brawijaya)”.

Desilva, Marchellia Cyciana and Dimas Hendrawan,, SE., MM., (2023) “Analisis Perbedaan Attractiveness Key Opinion Leader (KOL) dan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Produk Somethinc Pada Aplikasi Tiktok (Studi Pada Mahasiswa S1 di Universitas Brawijaya)”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan persepsi atas attractiveness key opinion leader (KOL) Tasya Farasya, Nanda Arsyinta, Abel Cantika dan pengaruhnya terhadap minat beli produk Somethinc pada aplikasi TikTok. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan sifat penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah 100 sampel responden yang merupakan mahasiswa aktif S1 di Universitas Brawijaya. Teknik sampling pada penelitian ini menggunakan teknik probability sampling dengan metode simple random sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis ANOVA dan analisis regresi linear dengan variabel dummy yang diolah menggunakan IBM SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan persepsi atas attractiveness key opinion leader (KOL) Tasya Farasya, Nanda Arsyinta, Abel Cantika dan tidak terdapat pengaruh signifikan antara attractiveness KOL Tasya Farasya, Nanda Arsyinta, dan Abel Cantika terhadap minat beli produk Somethinc pada aplikasi TikTok.

English Abstract

The objective of this research is to identify different perceptions about the attractiveness of Key Opinion Leaders (KOL), i.e., Tasya Farasya. Nanda Arsyinta, and Abel Cantika, and the impact of people’s intention to purchase the products of Somethinc through TikTok. This experimental developmental research utilizes quantitative approach. Incorporating probability method and simple random sampling, 100 active undergraduate students of Universitas Brawijaya were selected as the respondents. The data analysis was performed in IBM SPSS version 26 using ANOVA and linear regression with dummy variables. The results demonstrate that people have different perceptions on the attractiveness of Tasya Farasya, Nanda Arsyinta, and Abel Cantika as Key Opinion Leaders. Further, this study also discovers that the said differences in perception do not significantly influence people’s intention to purchase the products of Somethinc via TikTok.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0523020821
Uncontrolled Keywords: Attractiveness, Key Opinion Leader (KOL), Tasya Farasya, Nanda Arsyinta, Abel Cantika, Minat Beli
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 18 Mar 2024 06:37
Last Modified: 18 Mar 2024 06:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217142
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Marchellia Cyciana Desilva.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item