Pengaruh Pengaruh Citra Merek dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian dan Kepercayaan sebagai Variabel Intervening (Survei pada Konsumen Tokopedia Kategori Produk Elektronik)

Akbar, Ali and Prof. Andriani Kusumawat, M.Si, DBA (2024) Pengaruh Pengaruh Citra Merek dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian dan Kepercayaan sebagai Variabel Intervening (Survei pada Konsumen Tokopedia Kategori Produk Elektronik). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui dan menjelaskan pengaruh Citra Merek terhadap Kepercayaan, (2) Mengetahui dan menjelaskan pengaruh Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian, (3) Mengetahui dan menjelaskan pengaruh Online Customer Review terhadap Kepercayaan, (4) Mengetahui dan menjelaskan pengaruh Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian, (5) Mengetahui dan menjelaskan pengaruh Kepercaaan terhadap variabel Keputusan Pembelian. Jenis penelitian ini menggunakan explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan metode survei online dengan menyebarkan kuesioner google forms kepada 116 orang responden yang pernah membeli elektronik di Tokopedia dalam satu tahun terakhir dengan teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis jalur atau path analysis. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa Citra Merek berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Kepercayaan, Citra Merek tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Online Customer Review berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Kepercayaan, Online Customer Review berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, dan Kepercayaan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Berdasarkan hasil penelitian, Tokopedia perlu memperhatikan beberapa faktor seperti untuk meningkatkan Kepercayaan konsumen dengan memastikan bahwa mereka selalu memenuhi janji dan komitmen yang diumumkan dalam iklan dan kampanye. Ini bisa dilakukan dengan menyediakan pengalaman pelanggan yang konsisten dan meyakinkan, serta dengan berkomunikasi secara jelas dan transparan tentang apa yang dapat diharapkan oleh konsumen.

English Abstract

The purpose of this study is to (1) determine and explain the influence of Brand Image on Trust, (2) determine and explain the influence of Brand Image on Purchase Decisions, (3) determine and explain the influence of Online Customer Review on Trust (4) determine and explain the influence of Online Customer Review on Purchase Decisions, and (5) determine and explain the influence of Trust on Purchase Decision variables. This research employs explanatory research with a quantitative approach. Data collection was done using an online survey method by distributing Google Forms questionnaires to 116 respondents who have purchased electronics on Tokopedia within the past year, using purposive sampling technique. Data analysis employed path analysis. The results reveal that Brand Image significantly and positively affects Trust, and Online Customer Review also has a positive and significant impact on Trust. However, Brand Image does not exert a significant influence on Purchase Decisions. On the other hand, Online Customer Review significantly and positively influences Purchase Decisions, while Trust also demonstrates a positive and significant effect on Purchase Decisions. Based on the study findings, Tokopedia needs to consider certain factors to enhance consumer trust, such as ensuring consistent fulfillment of promises and commitments made in advertisements and campaigns. This can be achieved by providing a consistent and convincing customer experience, as well as communicating clearly and transparently about the consumers' expectations.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524030051
Uncontrolled Keywords: Citra Merek, Online Customer Review, Kepercayaan, Keputusan Pembelian, Startup.
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 20 Mar 2024 06:22
Last Modified: 20 Mar 2024 06:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217133
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ali Akbar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item