“Analisis Pengaruh Kelompok Referensi, Brand Image, dan Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian Produk Busana Merek Erigo (Studi pada Mahasiswa Universitas Brawijaya)”.

Sadli, Ibnu and Prof. Dr. Dra. Sumiati,, M.Si, CSRS, CFP (2023) “Analisis Pengaruh Kelompok Referensi, Brand Image, dan Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian Produk Busana Merek Erigo (Studi pada Mahasiswa Universitas Brawijaya)”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh dari kelompok referensi, brand image, dan celebrity endorser terhadap keputusan pembelian pada produk busana merek Erigo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksplanatori yang menjelaskan hubungan kausal antar variabel penelitian melalui pengujian hipotesis. Ukuran sampel sebanyak 112 mahasiswa Universitas Brawijaya dipilih dengan menggunakan rumus Hair. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan karakteristik rentang usia antara 17 hingga 25 tahun, pernah melakukan pembelian produk busana merek Erigo, mahasiswa aktif Universitas Brawijaya, dan mengetahui celebrity endorser Erigo. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis menggunakan uji t yang diolah pada software SPSS 26. Berdasarkan dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa kelompok referensi memiliki pengaruh yang positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Brand image juga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sementara itu, celebrity endorser tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Implikasi penelitian antara lain perlu adanya kesadaran akan pentingnya kelompok referensi ini bagi pemasar khususnya Erigo dalam menyusun strategi pemasarannya agar dapat menarik konsumen, produsen perlu untuk terus meningkat kan brand image lebih baik lagi kepada konsumen agar keputusan pembelian konsumen terhadap produk terus meningkat, dan penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor lain yang mungkin mempengaruhi keputusan pembelian produk busana merek Erigo.

English Abstract

The objective of this research is to identify effects of reference group, brand image, and celebrity endorser on the decision to purchase Erigo’s fashion products. This explanatory study elucidates the causal relationship between its variables through hypothesis testing. Using Hair’s formula, the sample number was set to 112 people. The respondents are active students of Universitas Brawijaya with the age range of 17-25 years who have purchased the products of Erigo and know about the brand’s ambassador. The data analysis was conducted using multiple linear regression, and the hypotheses were assessed using t-test; all of which were performed in SPSS 26. The results of the analysis demonstrate that reference group positively and significantly influences the purchase decision, that Brand image positively and significantly influences the purchase decision, and that celebrity endorser does not affect the purchase decision. Therefore, the brand’s marketers need to be aware of the importance of reference group, and the producer needs to increase the image of the brand among its consumers. In addition, other factors that may influence people’s decision to purchase Erigo’s products also need to be considered.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0523020809
Uncontrolled Keywords: Kelompok Referensi, Brand Image, Celebrity Endorser, Keputusan Pembelian
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 15 Mar 2024 03:37
Last Modified: 15 Mar 2024 03:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217095
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ibnu Sadli.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item