Pengaruh Kualitas Produk, Kelompok Referensi Dan Kenyamanan Terhadap Niat Beli Ulang Dimediasi Kepuasan (Studi Pada Konsumen Kedai Kopi Janji Jiwa Di Kota Surabaya)

Prabarini, Devina Dalilati and Prof. Dr. Margono Setiawan,, S.E., SU., and Prof. Dr. Sumiati,, S.E., M.Si., CSRS., CFP., (2023) Pengaruh Kualitas Produk, Kelompok Referensi Dan Kenyamanan Terhadap Niat Beli Ulang Dimediasi Kepuasan (Studi Pada Konsumen Kedai Kopi Janji Jiwa Di Kota Surabaya). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kopi saat ini menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat, sehingga bisnis kedai kopi menjadi salah satu bisnis yang paling menjanjikan dan ini tercermin dari menjamurnya kafe dan gerai penjual minuman dari seduhan bubuk kopi di seluruh nusantara tidak hanya di kota besar tetapi juga kota-kota kecil di Indonesia. Konsumsi kopi yang terus meningkat menciptakan persaingan yang semakin pesat, terutama di kalangan remaja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kepuasan dalam memediasi pengaruh kualitas produk, kelompok referensi dan kenyamanan terhadap niat beli ulang. Konsumen millennial (generasi Z dan Y) yang membeli kopi Janji Jiwa sebagai populasi dalam penelitian ini. Teknik Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 150 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kualitas produk berpengaruh terhadap niat beli ulang dan kepuasan, kelompok referensi berpengaruh terhadap niat beli ulang dan kepuasan, kenyamanan berpengaruh terhadap niat beli ulang dan kepuasan, kepuasan berpengaruh terhadap nita beli ulang, kepuasan memediasi pengaruh kualitas produk, kelompok referensi dan kenyamanan terhadap niat beli ulang. Kepuasan berperan sebagai variabel mediasi parsial.

English Abstract

Coffee has now become a part of people’s lifestyle as more coffee shops prosper throughout Indonesia in both major and small cities. Therefore, coffee shop has become one of the most potential businesses. Since the market of this business are young adults, whose number nowadays dominate the population, the competition among the shops is escalating. The objective of this research is to analyze the role of satisfaction in mediating the effects of product quality, reference group, and comfort on repurchase intention. The population is millennials, both generation Z and Y, who have purchased the products of Janji Jiwa, from which 150 were selected as the respondents through purposive sampling. The research data was analyzed using Partial Least Squares (PLS). This study finds that product quality influences repurchase intention and satisfaction, that reference group affects repurchase intention and comfort, and that comfort influences repurchase intention. Furthermore, satisfaction mediates the effects of product quality, reference group, and comfort on repurchase intention, and the mediation is partial.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 0423020147
Uncontrolled Keywords: Kualitas Produk, Kelompok Referensi, Kenyamanan, Kepuasan, Niat Beli Ulang
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 14 Mar 2024 04:35
Last Modified: 14 Mar 2024 04:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217073
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
devina dalilati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item