Analisis Promosi Kamar terhadap Keputusan Tamu Menginap (Studi Penelitian pada Luminor Hotel Sidoarjo)

Mustikaningtias, Winarni and Dr. Gunawan Eko Nurtjahjono, S.Sos, M.Si and Mufarohah, SE., Ak., MSA., CA (2023) Analisis Promosi Kamar terhadap Keputusan Tamu Menginap (Studi Penelitian pada Luminor Hotel Sidoarjo). Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam bidang pariwisata di Indonesia, hotel merupakan akomodasi penginapan yang berperan penting. Pengelolaan hotel perlu adanya manajemen, tentunya dalam meningkatkan occupancy penjualan baik dalam bentuk produk maupun jasa. Salah satu yang harus dilakukan adalah perencanaan pemasaran berupa promosi, hal ini dapat mempengaruhi pendapatan perusahaan. Strategi promosi juga dilakukan Luminor Hotel Sidoarjo untuk memperkenalkan produknya ke konsumen agar dapat mempengaruhi tamu memutuskan untuk menginap, serta promosi dilakukan karena banyaknya kompetitor di kota Sidoarjo yang bermunculan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan dan efektivitas promosi kamar yang dilakukan Luminor Hotel Sidoarjo dalam mempengaruhi keputusan tamu menginap. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Penelitian dilakukan selama satu bulan di Luminor Hotel Sidoarjo. Data primer pada penelitian diperoleh dari hasil wawancara dengan bagian general manager dan marketing. Data sekunder didapatkan melalui pengamatan, foto, dokumen, dan internet. Analisis data menggunakan teknik Interactive Model. Peneliti menggunakan teknik pengambilan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Didapatkan hasil penelitian yaitu, rata-rata kebehasilan minat tamu untuk menginap di Luminor Hotel Sidoarjo sebanyak 80% sampai 85%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, penerapan promosi kamar di Luminor Hotel Sidoarjo menggunakan dengan 3 media diantaranya media social, media partner, dan media advertising dengan rentang waktu yang cukup lama, yaitu 1 hingga 6 bulan berhasil dilakukan dan secara efektif dapat meningkatkan minat konsumen. Keberhasilan ini juga diakibatkan karena promosi tepat pada sasaran , dengan melakukan flyering, upselling dan mengirim pesan broadcast kepada konsumen lama.

English Abstract

Tourism sector in Indonesia, hotel is an lodging accommodation that have an important role. Hotel management need a management, certainly on increasing occupancy selling either for product or service. One of things to do is marketing planning by promotion, and it can be influence the company’s income. Promotion strategy is also done by Luminor Hotel Sidoarjo for introduce their products to consumer in order to influence the guest for decide to stay, and promotion is done because of many competitors appear in Sidoarjo Regency. The purpose of this research for knowing the application and effectivity of room promotion that is done by Luminor Hotel Sidoarjo to influence guest decision to stay. The type of research that is used is qualitative descriptive by using case study approximation. Research done in a month at Luminor Hotel Sidoarjo. Primary data in this research are gotten from interview with general manager and marketing. Secondary data are gotten from observation, picture, document, and internet. Data analysis using Interactive Model technique. Researcher using data collecting technique by interview, observation, and documentation. The research result is the average of the success of guest’s interest to stay in Luminor Hotel Sidoarjo is 80% until 85%. According to research result can be concluded that, application of room promotion in Luminor Hotel Sidoarjo using 3 media, these are media social, media partner, and media advertising with a long period of time, that is 1 until 6 months successfully done and effectively can increase consumer interest. This success also caused by promotion right on the target, by doing flyering, upselling, dan sending brodcast messege to old consumer.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0523170392
Uncontrolled Keywords: Keputusan Menginap, Luminor Hotel dan Promosi-Luminor Hotel, Promotion, and Stay Decision
Divisions: Program Vokasi > D4 Manajemen Perhotelan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 14 Mar 2024 02:54
Last Modified: 14 Mar 2024 02:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217052
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Winarni Mustikaningtias.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item