Pengaruh Penggunaan Plugin Notify-Pro terhadap Tingkat Konversi pada Website

Nastiti, Wianda and Budi Fajar Supriyanto, S.Kom, M.Kom, (2023) Pengaruh Penggunaan Plugin Notify-Pro terhadap Tingkat Konversi pada Website. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Website menjadi salah satu media pemasaran on/ine di era digital ini. Untuk mendapatkan banyak konversi pada pemasaran tersebut, diperlukan strategi yang tepat. Salah satunya adalah dengan menambahkan soc/a/proofuntuk meyakinkan calon pembeli. Penelitian ini dilakukan untuk membuktikan apakah pemberian social proof berupa push not/ficat/'0n dengan bantuan p/ug//1 notify-pro pada Webs/te akan memberikan tingkat konversi yang lebih baik atau sebaliknya. Proses akuisisi data dilakukan selama 6 hari dengan menjalankan iklan facebook ads sebagai upaya mendatangkan pengunjung pada 2 laman Website. Webs/te ini memiliki desain yang sama, yang membedakan hanyalah ada dan tidaknya p/ug/‘n notify-pro pada website tersebut. Parameter yang digunakan dalam penelitian ini adalah facebook pixel dan dashboard facebook ads untuk merekam setiap klik yang dilakukan oleh pengunjung serta mendapatkan data yang akan dianalisis. Data yang terkumpul kemudian dibandingkan dengan cara melakukan persentase antara jumlah klik tombol Call to Act/on pembelian terhadapjumlah klik halaman Website (jumlah pengunjung) pada setiap halaman menggunakan microsofi excel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil persentase klik tombol pembelian pada website yang menggunakan p/ug/n notify-pro lebih unggul pada angka 10,85% sedangkan Website tanpa p/ug/n tersebut mendapatkan angka 7,61%. Penelitian ini terbatas pada akuisisi data menggunakan facebook ads dengan biaya dan durasi iklan yang kecil sehingga iklan hanya akan muncul pada media sosial instagram dan facebook saja. Diharapkan penelitian selanjutnya dapat dikembangkan lagi dengan melakukan akuisisi data menggunakan iklan lainnya serta menggunakan biaya dan durasi iklan yang lebih besar.

English Abstract

In the current digital age, the website has become one of the Internet marketing platforms. The right strategy is required to achieve a lot of conversions from this marketing. One strategy is applying social proof to persuade potential buyers. This study aimed to determine whether giving social proof through push notifications via the website's notify-pro plugin will increase con version rates or vice versa. The process of gathering data was carried out over six days by running Facebook ads to attract visitors to two website pages. The sole difference between this website and the others is whether or not it has a notify-pro plugin. The parameters utili'zed in this study are the Facebook pixel and the Facebook advertisements dashboard which record every click peiformed by visitors and collect data for analysis. The collected data is then compared by making a percentage between the number of clicks on the purchase Call to Action button and the number of C//C/(S on website pages (number of visitors) on each page using Microsoft Excel. The results of this study i'ndi'cate that the percentage of clicks on the purchase button on websites that use the noti/j/-pro plugin is superior at 10.85%, while websites without the plugin get 7. 61 %. This study is restricted to collecting data via Facebook advertising with a /ow price and ad duration. Therefore, ads are only going to appear on [nstagram and Facebook. Further studies are expected to be developed by collecting data utilizing various advertisements at a higher ad cost and duration.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0523170391
Divisions: Program Vokasi > D3 Teknologi Informasi
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 14 Mar 2024 02:47
Last Modified: 14 Mar 2024 02:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217051
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Wianda Nastiti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item