Pengelolaan Arsip di Kantor Desa Tawangrejo, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan

Ningrum, Tika Cahya and Rani Auliawati Rachman, S.AP., M. Ikom. (2023) Pengelolaan Arsip di Kantor Desa Tawangrejo, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengelolaan arsip merupakan salah satu bagian dari manajemen perkantoran yang menitikberatkan pada pengurusan dokumen. Informasi dapat dengan mudah ditemukan apabila sistem pengolahannya disusun secara sistematis dan terstruktur serta sesuai dengan pedoman yang digunakan dalam mengklasifikasi sumber informasi yang akan dilayankan. Sehingga tanpa adanya pengelolaan arsip dalam penataan dan penyimpanan arsip, temu kembali akan sulit dilakukan dan memakan waktu yang lama. Pada kantor desa masih belum terdapat metode pengelolaan arsip yang diterapkan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk membantu mengelola arsip melalui penerapan pengelolaan arsip sesuai dengan Undang-Undang yang telah ditetapkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif melalui teknik pengumpulan data (observasi, wawancara dan dokumentasi). Hasil dari penelitian ini berupa penataan dan pendataan arsip pada database kantor desa dan juga standar operasional prosedur sederhana sebagai pedoman dalam pengelolaan arsip atau dokumen.

English Abstract

Records management is a part of office management that focuses on document management. Information can be easily found if the processing system is arranged in a systematic and structured manner and in accordance with the guidelines used in classifying information sources to be served. So that without archive management in the arrangement and storage of archives, retrieval will be difficult and take a long time. At the village office there is still no archive management method applied. The purpose of this research is to help manage archives through the application of archive management in accordance with established laws. This study uses descriptive qualitative research methods through data collection techniques (observation, interviews and documentation). The results of this study are in the form of structuring and collecting data on archives in the village office database as well as simple standard operating procedures as a guide in managing archives or documents.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0523170385
Uncontrolled Keywords: kearsipan, standar operasional prosedur, arsip desa.:record management, standard operating procedures, village records.
Divisions: Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 14 Mar 2024 02:13
Last Modified: 14 Mar 2024 02:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217040
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Tika Cahya Ningrum.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item