Pengaruh Pemasaran Viral dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Wisatawan Pelanggan Bakso President di Kota Malang)”

Siahaan, Hassya Albachrie Ramadhan and Dr. Wahdiyat Moko,, SE., MM., CPHR (2023) Pengaruh Pemasaran Viral dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Wisatawan Pelanggan Bakso President di Kota Malang)”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh Pemasaran Viral dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pemasaran Viral (X1), Kualitas Produk (X2), dan Keputusan Pembelian (Y). Pengumpulan data diperoleh melalui penyebaran kuesioner secara online pada wisatawan yang pernah melakukan pembelian produk makanan dan minuman di Bakso President di Kota Malang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 120 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisa data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Pemasaran Viral (X1) dan Kualitas Produk (X2) masing-masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Berdasarkan hasil penelitian ini, sebaiknya Bakso President mempertahankan aktivitas pemasaran viral dan implementasi kualitas produk yang telah dilakukan untuk semakin memperkuat keputusan pembelian produk makanan dan minuman di Bakso President di Kota Malang.

English Abstract

The objective of this quantitative explanatory research is to explain the effects of viral marketing and product quality on purchase decision. The variables incorporated in this study is viral marketing (X1), product quality (X2), and purchase decision (Y). The data was harvested from online questionnaires distributed to 120 purposively-selected tourists who have made food and drink purchases at Bakso President in Malang City and was analyzed descriptively using multiple linear regression. This study finds that each of the variable, i.e., viral marketing (X1) and product quality (X2), has positive and significant effects on purchase decision (Y). Based on the finding, Bakso President is suggested to continue their viral marketing activity and to increase the quality of their product in order to enhance customers’ purchase decision to purchase food and drink products at Bakso President in Malang City.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0523020800
Uncontrolled Keywords: Pemasaran Viral, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 14 Mar 2024 03:53
Last Modified: 14 Mar 2024 03:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217035
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Hassya Albachrie.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item