“Minat Berkunjung Kembali Wisatawan Muslim Melalui Kepuasan Pengunjung sebagai Variabel Intervening (Studi Kota Batu)”.

Habibi, Faisol and Indri Supriani,, S.E.,M.SEI (2023) “Minat Berkunjung Kembali Wisatawan Muslim Melalui Kepuasan Pengunjung sebagai Variabel Intervening (Studi Kota Batu)”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis empat faktor yang dapat mempengaruhi minat berkunjung kembali wisatawan Muslim, yaitu citra destinasi, kualitas pelayanan, ketersediaan fasilitas halal dan pendapatan pengunjung. Selain itu, penelitian ini juga akan melibatkan variabel intervening, yaitu kepuasan pengunjung. Analisis data statistik menggunakan SEM-PLS (Structural Equation Modelling-Partial Least Square) dan menggunakan analisis jalur untuk menguji pola hubungan yang mengungkapkan pengaruh variabel terhadap variabel lainnya, baik pengaruh langsung maupun tidak langsung menggunakan SmartPLS 4. Hasil analisis menunjukkan citra destinasi berpengaruh positif signifikan terhadap minat berkunjung kembali wisatawan Muslim di Kota Batu, sementara kualitas pelayanan, fasilitas halal, dan pendapatan pengunjung berpengaruh tidak signifikan. Citra destinasi, kualitas pelayanan, fasilitas halal dan pendapatan pengunjung berpengaruh positif pada kepuasan wisatawan Muslim. Terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan dari citra destinasi, kualitas pelayanan, fasilitas halal dan pendapatan pengunjung pada minat berkunjung kembali melalui tingkat kepuasan pengunjung. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai salah satu tambahan referensi bagi pemerintah daerah, pelaku industri pariwisata, dan akademisi dalam upaya meningkatkan daya tarik dan pelayanan wisata yang lebih baik bagi wisatawan Muslim sehingga dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di Kota Batu.

English Abstract

The aim of this research is to analyze four factors that can influence Muslim tourists' revisit interest, namely destination image, service quality, halal facilities and visitor income. Apart from that, this research will also involve an intervening variable, namely visitor satisfaction. Statistical data analysis using SEM-PLS (Structural Equation Modeling-Partial Least Square) and using path analysis to test relationship patterns that reveal the influence of variables on other variables, both direct and indirect influences using SmartPLS 4. The results of the analysis show that destination image has a significant positive effect on the interest in returning to visit by Muslim tourists in Batu City, while service quality, halal facilities, and visitor income have no significant effect. Destination image, service quality, halal facilities and visitor income have a positive effect on Muslim tourist satisfaction. There is a significant indirect influence of destination image, service quality, halal facilities and visitor income on intention to revisit through the level of visitor satisfaction. It is hoped that the results of this research can be used as an additional reference for local governments, tourism industry players and academics in an effort to increase the attractiveness and better tourist services for Muslim tourists so as to increase the number of tourist visits in Batu City.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0523020798
Uncontrolled Keywords: Citra Destinasi; Fasilitas Halal; Kepuasan Pengunjung; Kota Batu; Kualitas Pelayanan; Minat Berkunjung Kembali; Pendapatan Pengunjung.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 14 Mar 2024 03:20
Last Modified: 14 Mar 2024 03:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217023
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Faisol Habibi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item