Rahma, Rizka Nur and Ir.I Dewa Made W|d|a, MT (2023) Rancang Bangun Sistem Informasi Bengkel Berbasis Web sebagai Sarana Manajemen Data Perbaikan pada Bengkel Kalil Auto Service. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penggunaan sistem informasi kini telah tersebar pada setiap lini, tak terkecuali pada industri otomotif. Saat ini, penerapan sistem informasi pada bengkel mobil sebagian besar hanya dijumpai pada bengkel berskala besar. Sedangkan menurut Persatuan Bengkel Otomotif Indonesia (PBOIN), terdapat 400.000 usaha bengkel otomotif tersebar di Tanah Air. Data juga menyebutkan, 95% dari kelompok usaha bengkel tersebut merupakan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Bengkel Kalil Auto Service merupakan salah satu pelaku UMKM pada industri otomotif. Bengkel ini berdiri pada tahun 2019 lalu, bertempat di Kabupaten Malang. Keterbatasan sumber daya dan anggaran yang dimiliki, menjadikan alur dan sistem kerja dilakukan dengan sederhana dan belum terdigitalisasi. Pencatatan data perbaikan, manajemen data pelanggan, serta manajemen data karyawan masih dilakukan dengan cara konvensional. Berdasarkan penjabaran data diatas, maka peneliti tertarik untuk mengambil topik Rancang Bangun Sistem Informasi Bengkel Berbasis Web sebagai Sarana Manajemen Data Perbaikan pada Bengkel Kalil Auto Service yang dapat membantu pengelolaan data menjadi lebih terstruktur dan terorganisir. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode Waterfall dengan tahapan perencanaan (planning), pemodelan (modelling), pengembangan (deployment), dan evaluasi. Hasil dari penelitian ini adalah website sistem informasi bengkel, yang dilengkapi dengan fitur booking service guna memudahkan dalam proses penjadwalan perbaikan, pendataan perbaikan, dan efisiensi waktu pengerjaan serta mempermudah pemantauan proses pengerjaan oleh pelanggan.
English Abstract
The use of information systems has now spread across every line, including the automotive industry. Currently, the application of information systems in auto repair shops is mostly only found in large-scale repair shops. Meanwhile, according to the Indonesian Automotive Workshop Association (PBOIN), there are 400,000 automotive repair shops across the country. The data also states that 95% of the workshop business group is Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs). Kalil Auto Service Workshop is one of the MSME actors in the automotive industry. This workshop was established in 2019, located in Malang Regency. Limited resources and budget, making work flow and systems simple and not digitalized. Repair data recording, customer data management, and employee data management are still carried out in the conventional way. Based on the description of the data above, the researcher is interested in taking the topic of Web-Based Workshop Information System Design as a Means of Repairing Data Management at Kalil Auto Service Workshops which can help data management become more structured and organized. This research was conducted using the Waterfall method with the stages of planning (planning), modeling (modeling), development (deployment), and evaluation. The results of this study are a workshop information system website, which is equipped with a booking service feature to facilitate the repair scheduling process, as a means of efficiency in processing time and to facilitate monitoring of the work process by customers.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 0523170372 |
Uncontrolled Keywords: | Sistem Informasi, Web, Bengkel, Waterfall-Information System, Web, Workshop, Waterfall |
Divisions: | Program Vokasi > D3 Teknologi Informasi |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 15 Mar 2024 05:58 |
Last Modified: | 15 Mar 2024 05:58 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217015 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Rizka Nur Rahma.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |