“Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan dan Religiusitas Terhadap Keputusan Menabung di Bank Sinarmas Syariah Kantor Cabang Pembantu Surabaya”.

Hasim, Daffa Ramadhana and Rila Anggraeni,, S.E., M.M. (2023) “Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan dan Religiusitas Terhadap Keputusan Menabung di Bank Sinarmas Syariah Kantor Cabang Pembantu Surabaya”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh promosi, kualitas layanan, dan religiusistas terhadap keputusan menabung di Bank Sinarmas Syariah Kantor Cabang Pembantu (KCP) Surabaya. Penelitian ini dilatar belakangi berdirinya banyak usaha perbankan salah satunya adalah perbankan syariah. Diketahui bahwa market share dari perbankan syariah masih cenderung kecil yakni 7,03% dari total pangsa pasar perbankan di Indonesia. Oleh karena itu diperlukan suatu upaya untuk meningkatkan jumlah nasabah bank syariah utamanya pada Bank Sinarmas Syariah Kantor Cabang Pembantu (KCP) Surabaya mengingat bahwa Suraaya merupakan ibu kota provinsi Jawa Timur ynag notabene banyak sekali perputaran uang yang terjadi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear berganda sebagai metode analisis datanya. Pengumpulan data menggunakan teknik purposive sampling dengan populasi mahasiswa muslim yang sudah memiliki tabungan di bank sinarmas syariah kcp surabaya dengan sampel berjumlah 100 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket kepada nasabah Bank Sinarmas Syariah Kantor Cabang Pembantu (KCP) Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi, kualitas pelayanan dan religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan untuk menabung di bank sinarmas syariah kcp surabaya. Ketiga faktor tersebut mendorong keputusan menabung seorang mahasiswa muslim di bank sinarmas syariah. Tingginya promosi, religiusitas dan kualitas pelayanan terhadap seorang muslim tentang bank syariah akan meningkatkan keputusan orang tersebut untuk menabung di bank sinarmas syariah.

English Abstract

This study aims to examine the effect of promotion, service quality, and religion on saving decisions at Bank Sinarmas Syariah Sub-Branch Office (KCP) Surabaya. This research is motivated by the establishment of many banking businesses, one of which is Islamic banking. The tendency is that the market share of Islamic banking is still relatively small, namely 7.03% of the total banking market share in Indonesia. Therefore, an effort is needed to increase the number of Islamic bank customers, especially at Bank Sinarmas Syariah Surabaya Sub-Branch Office (KCP), considering that Suraaya is the capital city of East Java province, which incidentally has a lot of money circulation going on. This study uses a quantitative approach with multiple linear regression analysis techniques as a method of data analysis. Data collection used a purposive sampling technique with a population of Muslim students who already have savings at the Sinarmas Syariah KCP Surabaya bank with a sample of 100 respondents. Data collection was carried out by distributing questionnaires to customers of Bank Sinarmas Syariah Surabaya Sub- Branch Offices (KCP). The results showed that promotion, service quality and religiosity had a positive and significant effect on the decision to save at Bank Sinarmas Syariah KCP Surabaya. The third factor drives the decision to save a Muslim student at Sinarmas Syariah bank. The high promotion, religiosity and quality of service to a Muslim regarding Islamic banking will increase the person's decision to save at Sinarmas Syariah bank.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0523020082
Uncontrolled Keywords: Bank syariah, promosi, kualitas layanan, religiusitas, keputusan menabung
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 14 Mar 2024 03:22
Last Modified: 14 Mar 2024 03:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217009
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
DAFFA RAMADHANA HASIM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item