Analisa Nilai Dan Dampak Ekonomi Desa Wisata Religi Bubohu Di Kabupaten Gorontalo”

Katili, Annisa Pratiwi and Prof. Agus Suman,, SE., DEA., Ph.D., and Dr.rer.pol. Wildan Syafitri,, SE., ME., (2023) Analisa Nilai Dan Dampak Ekonomi Desa Wisata Religi Bubohu Di Kabupaten Gorontalo”. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Desa Wisata Religi Bubohu merupakan wisata yang memiliki potensi ekonomi yang cukup baik untuk dapat meningkatkan pendapatan daerah maupun pendapatan masyarakat, namun masih ditemukan masalah seperti rendahnya pendapatan desa dan masih ditemukan kemiskinan di desa tersebut. Penelitian ini menghitung nilai potensi ekonomi dan nilai multiplier effect Desa Wisata Religi Bubohu melalui jumlah pengeluaran pengunjung, pendapatan unit usaha, pengeluaran unit usaha dan pengeluaran tenaga kerja yang ada di Desa Wisata Religi Bubohu. Hasil penelitian memperoleh nilai rata-rata Willigness to pay (WTP) yang menunjukkan pengeluaran individu wisatawan dalam berkunjung sebesar Rp.395.555,-/orang. Kemudian estimasi valuasi ekonomi Desa Wisata Religi Bubohu berdasarkan pengeluaran pengunjung sebesar Rp.37.598.346.667,-. Nilai ekonomi ini akan meningkat seiring dengan bertambahnya wisatawan yang datang berkunjung ke Desa Wisata Religi Bubohu. Besaran nilai ekonomi yang diperoleh dapat menjadi pertimbangan bagi pemerintah dalam pengambilan kebijakan untuk meningkatkan PADesa. Kedua, Hasil analisis multiplier effect diperoleh bahwa nilai Keynesian Income Multiplier, Ratio Income Multiplier tipe 1, dan Ratio Income Multiplier tipe 2 sebesar melebihi 1,00 yang mengartikan bahwa kegiatan wisata yang ada di Desa Wisata Religi Bubohu memberikan dampak ekonomi yang baik kepada masyarakat lokal.

English Abstract

Bubohu religious tourism village is an area with decent economic potential for increasing public and regional revenues. However, people in the village still suffer from low income and poverty. This research estimates the economic potential value and the multiplier effect of the village by calculating the visitor’s expenses, the business unit’s revenue and expenses, as well as the labor expenses. This study finds that, first, the average Willingness to Pay (WTP) value, which shows the amount of money spent by a tourist to visit a tourist destination, is IDR 395,555. Then, the result of the economic valuation of Bubohu Religious Tourism village based on visitor’s expenses is IDR 37,598,346,667. This value will increase along the increments in the number of tourists visiting the village. It can be used by the local government as one of the considerations in creating policies aimed at increasing the village’s own-source revenues. Second, the results of the multiplier effect calculation indicates the Keynesian Income Multiplier, the type-1 Ratio Income Multiplier, and the type-2 Ratio Income Multiplier of higher than 1.00. this means that the tourism activities in Bubohu Religious Tourism Village bring good economic impacts for the local communities.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 0423020146
Uncontrolled Keywords: Desa Wisata, Nilai Ekonomi, Willigness To Pay, Multiplier Effect
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 13 Mar 2024 04:46
Last Modified: 13 Mar 2024 04:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/216997
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Annisa Pratiwi Katili.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item