Azhari, Akmala Zulfa and Dr. Ir. Nur Prima Waluyowati,, M.M. (2023) ”Analisis Implementasi Sistem Manajemen Mutu Berdasarkan ISO 9001:2015 (Studi pada Badan Amil Zakat Nasional Kota Yogyakarta)”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
BAZNAS Kota Yogyakarta menerapkan implementasi sistem manajemen mutu berdasarkan ISO 9001:2015 sebagai komitmen untuk meningkatkan kualitas layanan yang terstandarisasi dalam pengelolaan ZIS dan DSKL agar dapat meningkatkan kepercayaan muzakki dan mustahik dan menjalankan proses pendokumentasian informasi yang terpadu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui bagaimana penerapan dan dampak implementasi sistem manajemen mutu berdasarkan standar ISO 9001:2015 pada BAZNAS Kota Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa BAZNAS Kota Yogyakarta telah melakukan 10 Klausul persyaratan standar ISO 9001:2015. BAZNAS Kota Yogyakarta mendapatkan manfaat dan menghadapi kendala dalam implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2015. Manfaat yang didapatkan adalah dalam hal kemudahan untuk menelusur data, meningkatnya kepuasan muzakki dan mustahik, serta menjadi lembaga yang terpercaya di mata masyarakat. Kendala BAZNAS Kota Yogyakarta dalam implementasi ISO 9001:2015 datang dari kurangnya kuantitas dan kualitas SDM yang dimiliki lembaga sehingga seringkali mengalami kendala dalam proses pendokumentasian informasi dalam pengimplementasian sistem manajemen mutu berdasarkan ISO 9001:2015.
English Abstract
City applies a quality management system based on ISO 9001:2015 as its commitment to improve the administration quality of ZIS (zakat, infaq, and sadaqah) fund and DSKL (other religious social funds). The efforts of meeting the standard are aimed at increasing the trust of both muzakki and mustahik and carrying out an integrated information documenting process. The objective of this research is to analyze and identify the application, benefit, and obstacles of the ISO 9001:2015- based quality management system in BAZNAS of Yogyakarta City. The data of this qualitative case study was harvested from interviews and documentation. The results of the analysis demonstrate that BAZNAS of Yogyakarta City has applied the ten clauses of ISO 9001:2015 standard requirements. The implementation of ISO 9001:2015 has benefited the institution by enabling the acquisition of quality standards in delivering products and services to the customers, the ease in data tracing, and the minimization of risks. However, the implementation of ISO 9001:2015 is still hampered by the low human resource quantity and quality, which hinders the documentation process and the implementation of the said quality management system.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | :0523020794 |
Uncontrolled Keywords: | sistem manajemen mutu, ISO 9001:2015, BAZNAS |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 13 Mar 2024 04:47 |
Last Modified: | 13 Mar 2024 04:47 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/216977 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Akmala Zulfa A.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Actions (login required)
View Item |