Pengaruh Sertifikasi Halal, Kesadaran Halal dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Muslim Pada Produk Mixue”.

Afdhalia, Afifah Nabila and Ika Khusnia Anggraini,, S.H.I, M.H.I., (2024) Pengaruh Sertifikasi Halal, Kesadaran Halal dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Muslim Pada Produk Mixue”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sertifikasi halal, kesadaran halal dan harga terhadap minat beli konsumen pada produk Mixue. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode regresi logistik biner menggunakan data primer. Populasi pada penelitian ini yakni masyarakat muslim di Malang yang berusia 17-65 tahun yang mengetahui atau pernah mengkonsumsi produk Mixue. Sampelnya ditentukan melalui teknik purposive samping. Metode pengumpulan datanya dilakukan dengan penyebaran kuesioner yang diukur menggunakan skala likert untuk variabel independen dan skala guttman untuk variabel dependen. Hasil analisis nya menunjukkan bahwa ketika jumlah sertifikasi halal meningkat maka minat beli konsumen untuk mmebeli Mixue juga akan bertambah. Kemudian kesadaran halal merupakan salah satu variabel yang sangat krusial untuk mendorong peningkatan minat beli mixue dan ketika harga meningkat maka minta beli konsumen untuk membeli produk Mixue akan menurun. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pemerintah dan pelaku industri sebagai bahan evaluasi dalam meningkatkan minat beli konsumen terhadap produk makanan dan minuman halal.

English Abstract

This research aims to determine the effect of halal certification, halal awareness and price on consumer purchasing interest in Mixue products. This research uses a quantitative approach with a binary logistic regression method using primary data. The population in this study is the Muslim community in Malang aged 17-65 years who know or have consumed Mixue products. The sample was determined using a side purposive technique. The data collection method was carried out by distributing questionnaires which were measured using a Likert scale for the independent variable and a Guttman scale for the dependent variable. The results of the analysis show that when the number of halal certifications increases, consumer interest in buying Mixue will also increase. Then halal awareness is a very crucial variable to encourage an increase in interest in buying Mixue and when prices increase, consumers' demand to buy Mixue products will decrease. It is hoped that this research can become a reference for governments and industry players as evaluation material in increasing consumer buying interest in halal food and beverage products.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524020007
Uncontrolled Keywords: Sertifikasi Halal; Kesadaran Halal; Harga; Minat Beli; Mixue
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 13 Mar 2024 04:48
Last Modified: 13 Mar 2024 04:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/216974
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Afifah Nabila Afdhalia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item