“Perancangan User Experience Sistem Pemesanan Asrama Pelatihan Berbasis Responsive website Pada Balai Diklat Keagamaan Medan Menggunakan Metode Design Thinking”

Sakinah, Wadda and Dr.Eng. Ir. Herman Tolle,, S.T., M.T. and Dwi Cahya Astriya Nugraha, S.Kom., M.Kom., S.Kom., M.Kom. (2024) “Perancangan User Experience Sistem Pemesanan Asrama Pelatihan Berbasis Responsive website Pada Balai Diklat Keagamaan Medan Menggunakan Metode Design Thinking”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) adalah pungutan yang dibayar oleh orang pribadi atau badan dengan memperoleh manfaat langsung maupun tidak langsung atas layanan atau pemanfaatan sumber daya dan hak yang diperoleh negara. Balai Diklat Keagamaan Medan sebagai bagian dari satuan kerja penghasil Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) memiliki aset berupa Aula dan bangunan asrama penginapan yang digunakan oleh peserta pelatihan diklat selama proses kegiatan pelatihan berlangsung dan dapat digunakan oleh masyarakat umum yang ingin melakukan penyewaan terhadap aset yang dimiliki oleh Balai Diklat Keagamaan Medan tersebut. Proses pemesanan aula dan asrama masih dilakukan secara manual oleh peserta pelatihan dan Masyarakat umum yang harus mengunjungi terlebih dahulu ke kantor dan melapor kepada petugas untuk mengetahui apakah masih terdapat ruangan yang tersedia untuk ditempati, dan jika tidak tersedia maka peserta ataupun masyarakat harus kembali lagi untuk menanyakan terkait ketersediaan ruangan yang ingin dipesan. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat desain solusi berupa prototype high-fidelity website pemesanan asrama pelatihan pada Balai Diklat Keagamaan Medan. Proses penelitian ini menggunakan metode design thinking dalam proses pemecahan masalah dan perancangan solusi yang akan dibuat, metode design thinking memiliki lima tahapan yang dilakukan untuk menghasilkan sebuah desain solusi yaitu, empathize, define, ideate, prototype, dan test. Hasil rancangan desain solusi diuji menggunakan usability testing didapat nilai dari efektivitas sebesar 95,8% untuk pengguna masyarakat umum dan sebesar 95% untuk pengguna peserta pelatihan. Kemudian nilai efisiensi yaitu sebesar 98,4% untuk pengguna masyarakat umum dan 93% untuk pengguna peserta pelatihan. Pada pengujian user experience questionnaire (UEQ) mendapatkan nilai kepuasan pengguna masyarakat umum yaitu nilai attractiveness sebesar 2,08, perspicuity sebesar 2,08, efficiency sebesar 2,25, dependability sebesar 2,13, stimulation sebesar 1,83, novelty sebesar 2,17. Sedangkan hasil untuk pengguna peserta pelatihan yaitu nilai attractiveness sebesar 2,00, perspicuity sebesar 2,00, efficiency sebesar 2,25, dependability sebesar 2,10, stimulation sebesar 1,95, novelty sebesar 2,10.

English Abstract

Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) is a levy paid by individuals or entities benefiting directly or indirectly from the services or utilization of resources and rights acquired by the state. Balai Diklat Keagamaan Medan, as part of the Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) generating work unit has assets such as a hall and dormitory buildings used by training participants during the training activities. These facilities can also be rented by the general public. The current reservation process for the hall and dormitory rooms at the Balai Diklat Keagamaan Medan is manual, requiring training participants and the general public to visit the center and inquire with staff to determine room availability. If unavailable, they must return to check for room availability. The purpose of this research is to create a solution design in the form of a high-fidelity prototype website for booking training dormitories at the Balai Diklat Keagamaan Medan. The research process utilizes the design thinking method in problem-solving and solution design. The design thinking method consists of five stages: empathize, define, ideate, prototype, and test. The proposed solution design was tested using usability testing, resulting in an effectiveness score of 95.8% for general public users and 95% for training participants. The efficiency scores were 98.4% for the general public and 93% for training participants. In the User Experience Questionnaire (UEQ) testing, the satisfaction scores for the general public users were: attractiveness 2.08, perspicuity 2.08, efficiency 2.25, dependability 2.13, stimulation 1.83, and novelty 2.17. For training participant users, the scores were: attractiveness 2.00, perspicuity 2.00, efficiency 2.25, dependability 2.10, stimulation 1.95, and novelty 2.10.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052415
Uncontrolled Keywords: Penerimaan Negara Bukan Pajak, user experience, design thinking, usability testing, user experience questionnaire.
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 07 Mar 2024 03:52
Last Modified: 07 Mar 2024 03:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/216961
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Wadda Sakinah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Actions (login required)

View Item View Item