Yulianto, Muhammad Luqman Fajar and Novita Rosyida, S.Si, M.Si (2023) Penerapan Teknologi Geofencing Pada Aplikasi Pendeteksi Lokasi Wisata Berbasis Android Sebagai Sarana Promosi Digital Umkm Di Kawasan Wisata Kabupaten Malang. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kabupaten Malang merupakan salah satu kabupaten yang populer di Jawa Timur sebagai destinasi wisata. Objek wisata tersebut mencakup wisata alam, wisata sejarah, hingga wisata kuliner yang khas dan unik. Selain itu, Kabupaten Malang juga memiliki banyak UMKM yang menjual produk-produk khas daerah, seperti makanan, kerajinan, dan souvenir. Namun, UMKM di Kabupaten Malang masih mengalami kendala dalam memasarkan produk mereka kepada wisatawan, terutama di lokasi wisata. Promosi melalui media konvensional seperti brosur, baliho, atau spanduk sudah tidak cukup efektif lagi karena kurang tepat waktu dan kurang terukur hasilnya. Dalam hal ini, UMKM di Kabupaten Malang dapat memanfaatkan teknologi geofencing untuk mempromosikan produk mereka secara efektif kepada wisatawan yang berada di lokasi wisata. Penelitian ini menggunakan basis android untuk membangun aplikasi Pencarian Lokasi Wisata Kabupaten Malang karena yang paling umum digunakan oleh masyarakat Kabupaten Malang. Diharapkan, pemanfaatan teknologi geofencing dapat memberikan manfaat yang besar bagi UMKM dan juga bagi pengembangan pariwisata di Kabupaten Malang.
English Abstract
Malang Regency is one of the famous districts in East Java as a tourist destination. These tourist objects include natural tourism, historical tourism, to unique and unique culinary tourism. In addition, Malang Regency also has many Small and Medium Enterprises(SMEs) that sell regionally unique products, such as food, crafts and souvenirs. However, SMEs in Malang Regency still need help marketing their products to tourists, especially at tourist sites. Promotion through conventional media such as brochures, billboards or banners is no longer effective because it is not timely, and the results are not measurable. In this case, SMEs in Malang Regency can effectively utilize geofencing technology to promote their products to tourists in tourist sites. This study uses an android basis to build the Malang Regency Tourism Location Search application because it is the most commonly used by the people of the Malang Regency. Using geofencing technology can provide significant benefits for SMEs and tourism development in Malang Regency..
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 0523170340 |
Uncontrolled Keywords: | Lokasi Wisata, Wisatawan, UMKM, Android, Aplikasi, Geofencing, Maps-Place, Tourism, SMEs, Android, Application, Geofencing, Maps |
Divisions: | Program Vokasi > D3 Teknologi Informasi |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 14 Mar 2024 03:49 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 03:49 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/216944 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Luqman Fajar Yulianto.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |