Strategi Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Pemasaran Dengan Menggunakan AIDA MODEL (Studi Kasus UKM Mia Sari Apel)”.

Maulidin, Yusril Firman (2023) Strategi Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Pemasaran Dengan Menggunakan AIDA MODEL (Studi Kasus UKM Mia Sari Apel)”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Mia Sari Apel merupakan perusahaan yang terletak di Jl. Soekarno Hatta No.50, Kec. Tutur, Kab. Pasuruan, Jawa Timur 67165. Mia Sari Apel bergerak dibidang produksi minuman sari apel. Mia Sari Apel merupakan tempat produksi minuman sari apel pertama yang ada di wilayah tersebut. Mia Sari Apel menjual produk minuman sari apel yang memiliki ciri khas menggunakan gula asli dan higienis. Selain itu Mia Sari Apel juga menawarkan pesanan dalam jumlah berapapun untuk berbagai acara. UKM Mia Sari Apel merupakan unit usaha pertama yang memproduksi minuman sari apel di daerah tersebut. Namun kini mulai banyak pesaing dengan produk sejenis yang hadir, dengan adanya hal tersebut UKM Mia Sari Apel perlu melakukan mempertahan kan pangsa pasar nya dengan menyesuaikan era digitalisasi saat ini. Yang dimana proses pemasaran menjadi lebih mudah dan efektif dengan menggunakan media sosial sebagai alat pemasaran nya, namun belum semua unit bisnis mengerti cara memasarkan produk menggunakan media sosial termasuk UKM Mia Sari Apel. Proses analisis pada penelitian ini dilakukan dengan cara menganalisis tingkat pertumbuhan pasar dan pangsa pasar UKM Mia Sari Apel dan juga untuk melihat apakah UKM Mia Sari Apel inimengikuti era digitalisasi dilakukan analisis penerapan media sosial sebagai alat pemasaran pada UKM Mia Sari Apel menggunakan AIDA Model dan Matriks SWOT. Dan setelah menganalisis apakah pemasaran menggunakan media sosial berjalan dengan baik atau tidak, dilihat juga jangkauan pasar setelah menggunakan media sosial dan dibandingkan dengan ketika UKM Mia Sari Apel belum menggunakan media sosial dalam pemasaranya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pertumbuhan pasar di UKM Mia Sari Apel relatif tinggi namun pangsa pasar nya relatif rendah artinya masih kalah dengan pesaing nya. Dan untuk penerapan media sosial sebagai alat pemasaran pada UKM Mia Sari Apel sudah dilakukan namun masih jauh dari kata sempurna. Karena pemasaranya tidak konsisten dan yang di gunakan hanya beberapa media sosial saja, namun dengan begitu jangkauan pasar pada UKM Mia Sari Apel sudah merambah Provinsi yang sebelum nya hanya di Jawa Timur. Namun dengan begitu UKM Mia Sari Apel masih perlu banyak perbaikan antara lain, membuat akun media sosial plat form lain yang belum digunakan, perlu memasarkan menggunakan stand tenda saat hari libur karena banyak wisatawan, harus sering membuat konten dan konsestin agar pemasaranya sering dilihat oleh konsumen, memperbarui labeling produk nya agar saat dilakukan pemasaran di media sosial menarik perhatian konsumen.

English Abstract

Mia Sari Apel is a company located on Jl. Soekarno Hatta No.50, Tutur District, Pasuruan Regency, East Java 67165. Mia Sari Apel is engaged in the production of apple cider drinks. Mia Sari Apel is the first apple cider drink production site in the region. Mia Sari Apel sells apple cider drink products that have characteristics using real and hygienic sugar. In addition, Mia Sari Apel also offers orders in any quantity for various events. Mia Sari Apel UKM is the first business unit to produce apple cider drinks in the area. But now there are many competitors with similar products present, with this Mia Sari Apel UKM need to maintain their market share by adjusting to the current digitalization era. Where the marketing process becomes easier and more effective by using social media as a marketing tool, but not all business units understand how to market products using social media including Mia Sari Apel UKM. The analysis process in this study was carried out by analyzing the market growth rate and market share of Mia Sari Apel UKM and also to see whether Mia Sari Apel UKM follow the digitalization era, an analysis of the application of social media as a marketing tool for Mia Sari Apel UKM was carried out using the AIDA Model and SWOT Matrix. And after analyzing whether marketing using social media is going well or not, we also look at the market reach after using social media and compared to when Mia Sari Apel UKM have not used social media in their marketing. The results showed that the market growth in Mia Sari Apel UKM was relatively high but its market share was relatively low, meaning it was still inferior to its competitors. And for the application of social media as a marketing tool for Mia Sari Apel UKM has been done but is still far from perfect. Because the marketing is inconsistent and only a few social media are used, but so the market reach on. Mia Sari Apel UKM has penetrated the province which was previously only in East Java. But that way Mia Sari Apel UKM still need a lot of improvement, among others, creating social media accounts other form plates that have not been used, need to market using tent stands during holidays because many tourists, must often create content and consestine so that marketing is often seen by consumers, updating their product labeling so that when marketing is done on social media it attracts consumer attention.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524070038
Uncontrolled Keywords: Analisis Pemasaran, Pemasaran Menggunakan Media Sosial, Pangsa Pasar, AIDA Model, Minuman Sari Apel
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: agung
Date Deposited: 05 Mar 2024 03:14
Last Modified: 05 Mar 2024 03:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/216876
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
YUSRIL FIRMAN MAULIDIN.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 December 2026.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item