Re-Desain Interior Sekolah Alam Al-Izzah Sidoarjo Dengan Pendekatan Biophilic Design

Ayuningtyas, Elsa Illenia and Titi Ayu Pawestri, S.T., M.T. (2023) Re-Desain Interior Sekolah Alam Al-Izzah Sidoarjo Dengan Pendekatan Biophilic Design. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sekolah alam merupakan inovasi dari sistem pendidikan indonesia dengan menggunakan alam sebagai media pembelajarannya dan objek belajar. Terdapat 4 pilar Pendidikan pada sekolah alam yaitu pilar akhlaq, pilar logika berpikir, pilar kepemimpinan, pilar kewirausahaan. Permasalahan yang muncul di sekolah alam Al-Izzah Sidoarjo yaitu permasalahan fasilitas dan penataan program layout ruang untuk mewadahi cara belajar berbasis alam yang kurang terfasilitasi bagi siswa-siswi. Perancangan ulang sekolah alam Al-Izzah Sidoarjo bertujuan guna mengoptimalkan fungsi ruang serta memenuhi fasilitas ruang belajar siswa-siswi agar dapat mendukung sistem pembelajaran berbasis kurikulum alam serta menghadirkan pengalaman pembelajaran melalui interaksi dengan alam agar anak lebih peduli dengan lingkungan di sekitarnya. Metode pendekatan yang digunakan yaitu biophilic design dengan alasan dapat menjawab perancangan model interior ruang belajar anak pada sekolah alam al-izzah sidoarjo yang dapat mendekatkan siswa-siswi dengan alam guna alam sebagai media pembelajaran utama anak untuk belajar. Metode perancangan yang digunakan yaitu tahap pengumpulan data dengan wawancara, kuisioner, observasi dan dokumentasi. Selain itu juga di sempurnakan dengan menggunakan studi literatur dan studi pembanding. Hasil akhir perancangan berupa interior dan eksterior terhadap sekolah alam al-izzah ini dapat mengoptimalkan ruang secara lebih maksimal serta dapat menunjang aktivitas anak yang lebih peka dengan lingkungan di sekitarnya.

English Abstract

Nature school is the innovation of education system in Indonesia by combining nature as the media learning and object learning. There are four pillars of education in nature school, namely the pillars of morality, pillars of thinking, pillars of leadership, and pillars of entrepreneurship. The problems arise in Al-Izzah nature school Sidoarjo are the facilities and the arrangements of space layout program to fulfill the based-nature learning method which lack of facilities for students. The redesign of Al-Izzah nature school Sidarjo is aimed to optimize the functions of space and to fulfill the facility for classrooms that support the based-nature curriculum of learning system and provide learning experience through the interaction of nature that enables the students to be more care with the nature around them. The approach method to be applied is biophilic design that can solve the problems concerning the model of interior design for students’ classroom in Al-Izzah nature school Sidoarjo that lead the students to feel interest with the nature as the media learning for them. The are several steps used in method design such as collecting data with interviews, questionnaires, observations, and documentations. Furthermore, those steps are completed by theoretical frameworks and previous studies. The final result for the design of Al-Izzah nature school is lied on the interior and the exterior that can optimize the spaces in maximally and support students’ activity to be more care with the nature around them.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0523170323
Uncontrolled Keywords: Sekolah Alam, Biophilic Design, Ruang Baur-Nature school, Biophilic Design, Flexibel Space.
Divisions: Program Vokasi > D4 Desain Grafis
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 05 Mar 2024 01:10
Last Modified: 05 Mar 2024 01:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/216850
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Elsa Illenia Ayuningtyas.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item