Strategi Pengembangan Usaha Produk Olahan Siomay Ikan Nila (Oreochromis niloticus) pada CV Sakana Indo Prima, Depok, Jawa Barat

Stepaningrum, Galih and Prof. Dr. Ir. Mimit Primyastanto,, MP and Asyifa Anandya,, S.Pi., M.Sc (2024) Strategi Pengembangan Usaha Produk Olahan Siomay Ikan Nila (Oreochromis niloticus) pada CV Sakana Indo Prima, Depok, Jawa Barat. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ikan nila merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang banyak diminati oleh masyarakat untuk dibudidayakan dan dikonsumsi. Ikan nila memiliki peluang nilai ekonomi yang tinggi dengan posisi pertumbuhan produksi ikan nila pada tahun 2022 berada pada peringkat pertama dibandigkan dengan komoditas lainnya. Hal tersebut karena perspektif masyarakat terhadap ikan nila yang mudah dipelihara, memiliki rasa yang gurih dan renyah, harga jual murah dan lebih terjangkau. Selain itu, ikan nila memiliki kandungan tinggi protein namun rendah lemak, juga mengandung asam lemak omega 3 dan 6. CV Sakana Indo Prima merupakan jenis UMKM yang bergerak di bidang pengolahan makanan berbahan baku ikan nila menjadi produk siomay frozen food. Dalam penjualannya, CV Sakana Indo Prima sering mengalami fluktuatif penjualan. Hal ini apabila tidak segera ditangani akan mengakibatkan kerugian, bahkan posisi produk di pasaran akan terancam. Demikian, diperlukan penyusunan strategi pengembangan usaha yang kemudian dapat diimplementasikan. Penyusunan strategi dilihat dari sisi peluang, ancaman, kekuatan dan kelemahan dengan mengidentifikasi, menentukan alternatif penyelesaian dan penerapannya. Penelitian dilaksanakan pada bulan November - Desember 2023 di CV Sakana Indo Prima, Depok, Jawa Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi kelayakan usaha dan menyusun analisis strategi pengembangan dalam usaha produk olahan siomay ikan nila. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus, dimana pada pra penelitian telah dilakukan penyelidikan mengenai suatu masalah yang terjadi. Objek penelitian yang digunakan sebanyak 4 orang dengan teknik purposive sampling. Jenis skala yang digunakan pada penelitian ini adalah rating scale untuk menilai indikator-indikator eksternal dan internal perusahaan yang dibutuhkan sebagai perhitungan EFAS dan IFAS dalam menentukan strategi pengembangan usaha. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah data kualitatif untuk mengetahui aspek teknis, hukum, manajemen, pemasaran, sosial ekonomi, lingkungan dan kelembagaan, sementara itu data kuantitatif digunakan untuk menghitung aspek finansial jangka pendek dan jangka panjang, serta analisis SWOT. Hasil penelitian ini adalah tercapainya seluruh tujuan penelitian, yakni: (1) Kelayakan usaha pada perusahaan ini sudah dikatakan menguntungkan dan layak untuk dijalankan dengan melihat aspek teknis yang sudah berjalan sesuai kriteria yang ada dan terperinci. Aspek hukum memiliki beberapa surat izin dan sertifikat. Aspek manajemen yang dijalankan meliputi: perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pergerakan (actuating), dan pengawasan (controlling). Aspek pemasaran telah menerapkan bauran pemasaran (9P), strategi pemasaran (STP) dan saluran pemasaran tingkat tiga. Aspek sosial ekonomi telah memberikan dampak positif kepada masyarakat, seperti lapangan pekerjaan dan P4S. Aspek lingkungan telah memiliki IPAL yang terjaga guna meminimalisir limbah cair. Sementara itu, limbah padat yang dihasilkan digunakan sebagai pakan ikan. Aspek kelembagaan bekerja sama dengan BBP3KP (Balai Besar Pengujian Penerapan Produk Kelautan dan Perikanan) dan Pusat Pelatihan Hasil Perikanan Swadaya (P4S) yang diikuti oleh semua kalangan. Sementara itu, dilihat dari aspek finansial jangka pendek CV Sakana Indo Prima telah mendapatkan keuntungan dari penjualan produk olahan siomay ikan nila dan dilihat dari aspek finansial jangka panjang juga layak dijalankan. (2) Strategi pengembangan usaha yang diterapkan disesuaikan dengan hasil analisis SWOT. Hasil analisis SWOT yang didapatkan diperoleh titik koordinat (0,76; 1,07) yang berada pada posisi kuadran I, dimana perusahaan berada pada posisi sangat menguntungkan. Perusahaan memanfaatkan kekuatan yang dimiliki untuk merebut peluang yang ada. Strategi yang diterapkan adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif. Beberapa strategi yang disarankan sesuai dengan strategi agresif, yakni: Strategi strength (kekuatan) dengan memaksimalkan kualitas produk olahan siomay ikan nila dalam peningkatan proses produksi, memelihara kelengkapan fasilitas dengan baik, memanfaatkan lokasi usaha yang strategis untuk pembelian secara offline, meningkatkan kualitas tenaga kerja dengan belajar dari pengalaman yang dimiliki, mengembangkan area produksi untuk memperluas usaha dan meningkatkan promosi untuk meraih konsumen. Strategi opportunity (peluang) dengan melakukan pengembangan produk dengan tetap menjaga kualitas produk, mengotimalkan upaya branding product dalam meningkatkan kepercayaan konsumen, menciptakan loyalitas konsumen dengan pelayanan yang baik dan meningkatkan public relationship dalam mendatangkan pasar. Rekomendasi untuk CV Sakana Indo Prima, menerapkan strategi agresif dengan menggunakan informasi yang diperoleh dari setiap analisis SWOT. Rekomendasi untuk pemerintah disarankan memberi dampingan dan pengawasannya agar produk semakin berkembang. Selain itu, membantu dalam melakukan sosialisasi GEMAR IKAN agar masyarakat mengetahui manfaat mengonsumsi ikan. Rekomendasi untuk mahasiswa disarankan membantu pemerintah dalam menyebarluaskan sosialisasi GEMAR IKAN. Selain itu, hasl dari penelitian ini dapat memberikan informasi dalam penelitian selanjutnya mengenai usaha pengolahan ikan nila.

English Abstract

Tilapia is a type of freshwater fish that is in great demand by people for cultivation and consumption. Tilapia has the opportunity for high economic value with the position of tilapia production growth in 2022 being in first place compared to other commodities. This is because of the public's perspective on tilapia which is easy to maintain, has a savory and crunchy taste, the selling price is cheap and more affordable. Apart from that, tilapia fish has a high protein content but is low in fat, and also contains omega 3 and 6 fatty acids. CV Sakana Indo Prima is a type of UMKM that operates in the field of processing food from tilapia fish into frozen food products. In sales, CV Sakana Indo Prima often experiences fluctuating sales. If this is not handled immediately, it will result in losses, and even the product's position on the market will be threatened. Thus, it is necessary to prepare a business development strategy which can then be implemented. Strategy preparation is seen in terms of opportunities, threats, strengths and weaknesses by identifying, determining alternative solutions and implementing them. The research was carried out in November - December 2023 at CV Sakana Indo Prima, Depok, West Java. The aim of this research is to identify business feasibility and prepare a development strategy analysis in the tilapia dumpling processed product business. This research uses a descriptive type of research with a case study approach, where in pre-research an investigation has been carried out regarding a problem that occurred. The research objects used were 4 people with techniques of purposive sampling. The type of scale used in this research is rating scale to assess the company's external and internal indicators needed for EFAS and IFAS calculations in determining business development strategies. The types and sources of data used are primary data and secondary data with data collection methods through observation, interviews, documentation and distributing questionnaires. The data analysis technique used is qualitative data to determine technical, legal, management, marketing, socio-economic, environmental and institutional aspects, meanwhile quantitative data is used to calculate short-term and long-term financial aspects, as well as SWOT analysis. The results of this study are the achievement of all research objectives, namely: (1) The feasibility of business in this company has been said to be profitable and feasible to run by looking at the technical aspects that have been running according to existing and detailed criteria. The legal aspect has several licenses and certificates. Management aspects carried out include: planning, organizing, actuating, and controlling. The marketing aspect has implemented a marketing mix (9P), marketing strategy (STP) and level three marketing channels. Socio-economic aspects have had a positive impact on society, such as employment and P4S. Environmental aspects already have a maintained WWTP to minimize liquid waste. Meanwhile, the solid waste produced is used as fish feed. The institutional aspect is in collaboration with BBP3KP (Center for Testing the Application of Marine and Fisheries Products) and the Training Center for Self-Help Fisheries Products (P4S) which is attended by all groups. Meanwhile, from the short-term financial aspect, CV Sakana Indo Prima has benefited from the sale of processed tilapia dumplings products and from the long-term financial aspect, it is also feasible. (2) The business development strategy applied is adjusted to the results of the SWOT analysis. The results of the SWOT analysis obtained coordinate points (0.76; 1.07) which are in quadrant I position, where the company is in a very profitable position. The company utilizes its strengths to seize existing opportunities. The strategy implemented is to support aggressive growth policies. Some recommended strategies aggressive, namely: Strength strategy by maximizing the quality of processed tilapia dumplings products in improving the production process, maintaining complete facilities well, utilizing strategic business locations for offline purchases, improving the quality of the workforce by learning from the experience they have, developing production areas to expand business and increase promotion to reach consumers. Opportunity strategy by developing products while maintaining product quality, optimizing product branding efforts in increasing consumer trust, creating consumer loyalty with good service and increasing public relationships in bringing in the market. Recommendations for CV Sakana Indo Prima, implement the strategy aggressive using the information obtained from each SWOT analysis. Recommended that the government is advised to provide assistance and supervision so that the product will grow. In addition, it helps in socializing GEMAR IKAN so that people know the benefits of consuming fish. Recommended that the collage students are advised to assist the government in disseminating the socialization of GEMAR IKAN. In addition, the hasl of this study can provide information in future research on tilapia processing business.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052308
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 04 Mar 2024 07:36
Last Modified: 04 Mar 2024 07:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/216811
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Galih Stepaningrum.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item