Strategi Pengembangan Usaha Budidaya Ikan Lele Pada Zona Lele 2 di Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur

Bagasono, Abil and Dr. Ir. Anthon Efani,, MP. (2023) Strategi Pengembangan Usaha Budidaya Ikan Lele Pada Zona Lele 2 di Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kabupaten Malang, dikenal dengan keindahan alamnya, juga memiliki potensi perikanan yang besar. Potensi ini mencakup perikanan laut dan air tawar yang tersebar di berbagai wilayah. Pada tahun 2018, produksi ikan pelagis mencapai 10.433 ton dan meningkat menjadi 12.735,54 ton pada tahun 2019. Perikanan tuna di Sendang Biru (tuna, tongkol, cakalang, dan albakor) menyumbang sekitar 73% dari jumlah total komoditas perikanan tangkap secara keseluruhan (BPS 2018; BPS 2019). Pengembangan usaha yang baik membutuhkan suatu strategi pada model pengembangan usaha yang efektif dan efisien agar tercapainya tujuan yang maksimal. Strategi pengembangan bisnis pada penelitian ini menggunakan metode Business Model Canvas dan dengan dikombinasikan dengan analisis SWOT dimaksudkan menjadi salah satu model pengembangan bisnis yang tepat dalam pengembangan usaha budidaya ikan lele pada Zona Lele 2. Hasil analisis faktor strategi internal dan eksternal didapatkan rumusan strategi Strength Opportunities (SO) yang bisa diterapkan dalam pengembangan usaha Zona Lele 2, yang terdiri dari :1) Meningkatkan kualitas bahan baku guna meningkatkan kepuasan konsumen. 2) Mengembangkan sarana dan prasarana di bidang teknologi guna menarik minat dari bimbingan. pemerintahan. 3) Memanfaatkan harga terjangkau dan sarana prasarana dibidang teknologi untuk perluasan target pasar. 4) Menarik minat kerjasama kepada mitra melalui keuntungan Perusahaan. Strategi yang digunakan yaitu SO (Strength-Opportunities) untuk pengembangannya dan juga menerapkan strategi pemanfaatan peluang yang baik. Penggunaan teknologi digital dalam memasarkan produk lele dari Zona Lele 2 dapat memberikan visibilitas yang lebih luas, mencapai konsumen di luar wilayah setempat. Kampanye pemasaran digital yang terfokus dapat memberikan informasi yang lebih mendalam tentang kualitas dan keunggulan produk lele. Pengembangan sarana dan prasarana di Zona Lele 2 dengan memanfaatkan teknologi digital juga dapat meningkatkan efisiensi operasional. Implementasi teknologi sensor untuk memonitor kondisi air, suhu, dan kesehatan lele dapat membantu petani mengoptimalkan pemeliharaan dan memastikan kualitas produk. Dengan adopsi sistem manajemen terkini, data ini dapat diakses dan dianalisis secara real-time, memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih tepat dan efektif.

English Abstract

Malang Regency, known for its natural beauty, also has large fishing potential. This potential includes marine and freshwater fisheries spread across various regions. In 2018, pelagic fish production reached 10,433 tons and increased to 12,735.54 tons in 2019. Tuna fisheries in Sendang Biru (tuna, tuna, skipjack and albacore) contributed around 73% of the total number of captured fisheries commodities as a whole (BPS 2018; BPS 2019). Good business development requires a strategy for an effective and efficient business development model in order to achieve maximum goals. The business development strategy in this research uses the Business Model Canvas method and combined with SWOT analysis is intended to be an appropriate business development model in developing catfish farming businesses in Catfish Zone 2. The results of the analysis of internal and external strategic factors obtained the formulation of a Strength Opportunities (SO) strategy that can be applied in business development in Lele Zone 2, which consists of: 1) Improving the quality of raw materials to increase consumer satisfaction. 2) Developing facilities and infrastructure in the technology sector to attract interest in guidance. government. 3) Taking advantage of affordable prices and infrastructure in the technology sector to expand the target market. 4) Attract partners' interest in cooperation through company profits. The strategy used is SO (Strength-Opportunities) for development and also implementing good opportunity utilization strategies. The use of digital technology in marketing catfish products from Catfish Zone 2 can provide wider visibility, reaching consumers outside the local area. A focused digital marketing campaign can provide more in-depth information about the quality and advantages of catfish products. Developing facilities and infrastructure in Lele Zone 2 by utilizing digital technology can also increase operational efficiency. Implementing sensor technology to monitor water conditions, temperature and catfish health can help farmers optimize maintenance and ensure product quality. With the adoption of the latest management systems, this data can be accessed and analyzed in real-time, enabling more informed and effective decision making.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052308
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 04 Mar 2024 06:41
Last Modified: 04 Mar 2024 06:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/216791
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Abil Bagasono.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item