Phaesaloka, Tiraihana Tsaqifah and Thoyyibatus Sarirah, S. Psi., M. Si., (2023) “Peran Perceived Social Support Terhadap Happiness Pada Mahasiswa Skripsi”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Happiness yang dimiliki mahasiswa skripsi dapat menunjukkan bahwa individu tersebut mampu dalam proses mengerjakan tugas akhir dan menikmati setiap kegiatan yang berhubungan dengan tugas akhir maupun diluar tugas akhir, memahami dan mampu mengerjakan tugas akhir dengan keadaan emosi positif.Happiness ditimbulkan akibat tingginya perceived social support yang dimiliki mahasiswa skripsi yang merupakan bentuk dukungan yang tidak harus melibatkan dukungan secara nyata dan lebih bersifat subjektif, tergantung bagaimana mahasiswa skripsi mempersepsikan dukungan yang diberikan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran perceived social support secara signifikan terhadap happiness pada mahasiswa skripsi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik accidental sampling pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi secara umum. Jumlah responden penelitian adalah mahasiswa yang mengerjakan skripsi yang berjumlah 119. Alat ukur yang digunakan yaitu MSPSS (Multidimensional Scale Perceived of Social Support) dan OHQ (Oxford Happiness Quistionare). Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan adanya peran perceived social support terhadap happiness pada mahasiswa skripsi. Semakin tinggi perceived social support yang dimiliki pada mahasiswa skripsi, semakin tinggi pula tingkat happiness nya dan sebaliknya. Penelitian ini dapat dijadikan evaluasi dan pertimbangan untuk penelitian selanjutnya terkait hubungan perceived social support dan happiness pada mahasiswa skripsi atau untuk fase perkembangan lainnya.
English Abstract
The happiness that a thesis student has can show that the individual is able to complete the final assignment and enjoy every activity related to the final assignment and outside of the final assignment, understanding and being able to complete the final assignment with a positive emotional state. Happiness is caused by the high perceived social support they have. thesis students which is a form of support that does not necessarily involve real support and is more subjective, depending on how the thesis students perceive the support provided by other people. This research aims to determine the significant role of perceived social support on happiness in thesis students. This research uses quantitative correlational methods. The research sample was determined using an accidental sampling technique among students who were working on their thesis in general. The number of research respondents were 119 students working on their thesis. The measuring instruments used were MSPSS (Multidimensional Scale Perceived of Social Support) and OHQ (Oxford Happiness Questionnaire). The analysis technique used in this research is a simple linear regression test. The results of the research show that there is a role of perceived social support on happiness in thesis students. The higher the perceived social support a thesis student has, the higher the level of happiness and vice versa. This research can be used as an evaluation and consideration for further research regarding the relationship between perceived social support and happiness in thesis students or for other development phases.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524110016 |
Uncontrolled Keywords: | Happiness, mahasiswa skripsi, social support |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 04 Mar 2024 06:38 |
Last Modified: | 06 Mar 2024 00:32 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/216765 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Tiraihana Tsaqifah Phaesaloka.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |