Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan Wisatawan (Survei pada Taman Rekreasi Selecta, Kota Batu)

Florenza, Lovinda Lusya and Edriana pangestuti, SE., M.Si, DBA. (2024) Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan Wisatawan (Survei pada Taman Rekreasi Selecta, Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan menganalisis pengaruh daya tarik wisata terhadap kepuasan wisatawan, (2) mengetahui dan menganalisis pengaruh persepsi harga terhadap kepuasan wisatawan, (3) mengetahui dan menganalisis pengaruh daya tarik wisata dan persepsi harga terhadap kepuasan wisatawan pada Taman Rekreasi Selecta. Jenis Penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Daya tarik wisata, persepsi harga dan kepuasan wisatawan merupakan variabel yang digunakan dalam penelitian ini. Populasi penelitian ini adalah wisatawan Taman Rekreasi Selecta dalam kurun waktu 2023. Jumlah sampel yang digunakan adalah 100 orang. Metode pengambilan sampel adalah non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan regresi linear berganda. Uji variabel independen Daya Tarik Wisata (X1) dan Persepsi Harga (X2) terhadap variabel dependen Kepuasan Wisatawan (Y) baik secara parsial maupun simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Daya Tarik Wisata (X1) secara parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Wisatawan (Y). Persepsi Harga secara parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Wisatawan (Y). Daya Tarik Wisata (X1) dan Persepsi Harga (X2) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Wisatawan (Y) sebesar 53%.

English Abstract

This study aims to (1) determine and analyze the effect of tourist attraction on tourist satisfaction, (2) determine and analyze the effect of price perception on tourist satisfaction, (3) determine and analyze the effect of tourist attraction and price perception on tourist satisfaction at Selecta Recreation Park. This type of research is explanatory research with a quantitative approach. Tourist attraction, price perception and tourist satisfaction are the variables used in this study. The population of this study were tourists of Selecta Recreation Park in the period 2023. The number of samples used was 100 people. The sampling method is non-probability sampling with purposive sampling technique. Data analysis using descriptive analysis and multiple linear regression. Test the Independen variables of Tourist Attraction (X1) and Price Perception (X2) on the dependent variable Tourist Satisfaction (Y) both partially and simultaneously. The results showed that Tourism Attraction (X1) partially has a significant influence on Tourist Satisfaction (Y). Price Perception partially has a significant influence on Tourist Satisfaction (Y). Tourist Attraction (X1) and Price Perception (X2) simultaneously have a significant effect on Tourist Satisfaction (Y) by 53%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524030042
Uncontrolled Keywords: Daya Tarik Wisata, Persepsi Harga, Kepuasan Wisatawan.
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Pariwisata
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 06 Mar 2024 06:53
Last Modified: 06 Mar 2024 06:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/216758
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Lovinda Lusya Florenza.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item