“Analisis Kualitas Pelayanan „Jemput Bola Terpadu Sidoarjo Yang Gemilang‟ oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo”

Notari, Sovi Dwi and Tia Subekti, S.IP., MA (2024) “Analisis Kualitas Pelayanan „Jemput Bola Terpadu Sidoarjo Yang Gemilang‟ oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Administrasi kependudukan menjadi hal penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dengan tujuan untuk memberikan keabsahan identitas dan kepastian hukum atas dokumen penduduk. Dalam pelayanan administrasi kependudukan Dispendukcapil Kabupaten Sidoarjo memiliki sebuah program yang bernama “Jemput Bola Terpadu Sidoarjo Yang Gemilang” dengan maksud untuk lebih mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Akan tetapi, lokus penelitian ini lebih kepada masyarakat terdampak penggabungan desa akibat lumpur lapindo yang menerima pelayanan dari program ini. Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis kualitas pelayanan yang diberikan oleh instansi terkait terhadap masyarakat yang terdampak penggabungan di empat desa. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif yang berusaha melakukan penggambaran seperti apa kualitas pelayanan yang diterima oleh masyarakat. Teori yang digunakan adalah teori Servqual atau kualitas pelayanan yang disampaikan oleh Zeithmal. Pemilihan informan dilakukan menggunakan teknik purposive sampling dengan sumber data yang terdiri atas data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai data penunjang yang dapat menjadi bahan analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga indikator yang telah menerapkan kualitas pelayanan dengan baik yaitu indikator tangible, assurance dan empathy. Sedangkan indikator yang membutuhkan perbaikan dan peningkatan adalah reliability dan responsivennes.

English Abstract

Population administration is an important thing in national and state life with the aim of providing validity of identity and legal certainty for resident documents. In population administration services, the Dispendukcapil of Sidoarjo Regency has a program called " Integrated Ball Pickup - Sidoarjo Yang Gemilang " with the aim of bringing services closer to the community. However, the focus of this research is more on the communities affected by the village merger due to the Lapindo mudflow who receive services from this program. This research is aimed at analyzing the quality of services provided by relevant agencies to communities affected by the merger in four villages. The type of research used is descriptive qualitative which attempts to describe the quality of service received by the community. The theory used is the Servqual theory or service quality delivered by Zeithmal. The selection of informants was carried out using a purposive sampling technique with data sources consisting of primary data and secondary data. Data collection was carried out by observation, interviews and documentation as supporting data that could be used as material for analysis. The results of this research show that there are three indicators that have implemented service quality well, namely tangible indicators, assurance and empathy. Meanwhile, indicators that require improvement and improvement are reliability and responsiveness.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: ,0524110015
Uncontrolled Keywords: Admisnistrasi Kependudukan, Kualitas Pelayanan, Program Jemput Bola Terpadu, Penggabungan Desa
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 04 Mar 2024 06:32
Last Modified: 04 Mar 2024 06:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/216755
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Sovi Dwi Notari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item