Dinata, Rezanda Surya and Diyah Ayu Amalia Avina,, S.E, M.Si, S.I.Kom., (2022) Pengaruh Daya Tarik Humor Pada Iklan Gojek Versi “Piral!! Banyak Koin Di Mana-Mana!! Ada Apa Yha?” Terhadap Minat Beli Produk Pada Followers Akun Instagram Gojek Indonesia (@Gojekindonesia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Daya tarik humor pada teori Elaboration Likelihood Model (ELM) termasuk ke dalam rute periferal. Rute periferal dapat terjadi apabila komunikan memiliki tingkat elaborasi yang rendah sehingga komunikan berfokus pada aspek di luar informasi utama. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan daya tarik humor pada iklan Gojek versi, “PIRAL!! Banyak koin di mana-mana!! Ada apa Yha?” terhadap minat beli produk pada pengikut akun Instagram Gojek Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik sampling yaitu simple probability sampling yang disebarkan kepada 100 responden dengan kriteria merupakan followers Instagram Gojek Indonesia. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan alat bantu berupa software SPSS Versi 25 yang menunjukkan hasil bahwa terdapat pengaruh signifikan antara daya tarik humor pada iklan Gojek terhadap variabel minat beli pada followers Instagram Gojek Indonesia dibuktikan pada hasil uji hipotesis secara parsial (uji t) sebesar 6,771 (t hitung) > 1,924 (t tabel). Berdasarkan hasil dari koefisien determinasi (R2), didapatkan hasil sebesar 0,319 (31,9%) sedangkan 68,1% sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dibahas pada penelitian ini.
English Abstract
Humor appeal in the Elaboration Likelihood Model (ELM) theory belongs to the peripheral route. Peripheral routes can occur if communicants have a low level of elaboration so that communicants focus on aspects outside the main information. This study aims to see the effect of the use of humor appeal on the Gojek advertisement version, "PIRAL!!! Lots of coins everywhere!!! What's wrong?" on product purchase intention in Gojek Indonesia Instagram account followers. This study uses quantitative research methods with sampling techniques, namely simple probability sampling distributed to 100 respondents with the criteria of being Gojek Indonesia Instagram followers. Data processing in this study using tools in the form of SPSS Version 25 software which shows the results that there is a significant influence between the attractiveness of humor in Gojek advertisements on the purchase intention variable in Gojek Indonesia Instagram followers as evidenced in the partial hypothesis test results (t test) of 6.771 (t count) > 1.924 (t table). Based on the results of the coefficient of determination (R2), the result is 0.319 (31.9%) while the remaining 68.1% is influenced by other factors not discussed in this study.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522110039 |
Uncontrolled Keywords: | Daya Tarik Humor, Elaboration Likelihood Model (ELM), Gojek, Minat Beli |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 04 Mar 2024 06:37 |
Last Modified: | 04 Mar 2024 06:37 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/216748 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Rezanda Surya Dinata.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |