Pengaruh Social Media Marketing pada platform Instagram terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen yang Membeli Produk Vioci Bakery di Temanggung)

Kriptaniadewa, Gaizka and Safarudin Hisyam Tualeka, S.Tr.Kom., MAB (2023) Pengaruh Social Media Marketing pada platform Instagram terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen yang Membeli Produk Vioci Bakery di Temanggung). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini mengangkat judul “Pengaruh Social Media Marketing pada Platform Instagram terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen yang Membeli Produk Vioci Bakery di Temanggung)” Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menjelaskan Pengaruh Pelaksanaan Strategi Pemasaran Media Sosial (Pembuatan Konten (X1), Penyebaran Konten (X2), Hubungan (X3), dan Pembangunan Komunitas (X4) terhadap Keputusan Pembelian. Penelitian ini menggunakan metode Explanatory Research dengan metode kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian inin menggunakan e- questioner (kuesioner elektronik), dengan jumlah sampel sebanyak 116 orang responden yang ditentukan dengan Purposive Sampling, analisis data yang digunakan adalah metode Analisis Deskriptif dan Analisis Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan Variabel Social Media Marketing (X) berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai signifikansi 0,000 < α (0,05), Variabel Content Creation (X1) berpengaruh positif secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai signifikansi 0,006 < α (0,05) dan t hitung 2,779 > t tabel 1.980, Variabel Content Sharing (X2) berpengaruh positif secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai signifikansi 0,015 < α (0,05) dan t hitung 2,477 > t tabel 1.980, Variabel Connecting (X3) berpengaruh positif secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai signifikansi 0,008 < α (0,05) dan t hitung 2,269 > t tabel 1.980, Variabel Community Building (X4) berpengaruh positif secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai signifikansi 0,034 < α (0,05) dan t hitung 2,145 > t tabel 1.980.

English Abstract

This research has the title "The Influence of Social Media Marketing on the Instagram Platform on Purchasing Decisions (Survey of Consumers Who Purchase Vioci Bakery Products in the Temanggung Region)" The aim of this research is to determine and explain the Influence of Implementing Social Media Marketing Strategies (Content Creation (X1), Dissemination of Content (X2), Relationships (X3), and Community Building (X4) on Purchasing Decisions. This research uses the Explanatory Research method with quantitative methods. The data collection method in this research used an e-questionnaire (electronic questionnaire), with a sample size of 116 respondents determined by Purposive Sampling, the data analysis used was the Descriptive Analysis method and Multiple Linear Regression Analysis. The results of this study indicate that simultaneously, the Social Media Marketing variable (X) significantly influences Purchase Decisions with a significance value of 0.000 < α (0.05). The Content Creation variable (X1) has a significant positive effect on Purchase Decisions with a significance value of 0.006 < α (0.05) and a t-value of 2.779 > t table 1.980. The Content Sharing variable (X2) has a significant positive effect on Purchase Decisions with a significance value of 0.015 < α (0.05) and a t-value of 2.477 > t table 1.980. The Connecting variable (X3) has a significant positive effect on Purchase Decisions with a significance value of 0.008 < α (0.05) and a t-value of 2.269 > t table 1.980. The Community Building variable (X4) has a significant positive effect on Purchase Decisions with a significance value of 0.034 < α (0.05) and a t-value of 2.145 > t table 1.980.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030913
Uncontrolled Keywords: Pemasaran Media Sosial, Keputusan Pembelian
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 06 Mar 2024 06:53
Last Modified: 06 Mar 2024 06:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/216746
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
gaizka kriptaniadewa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item