Peran Komunikasi Intruksional Leader Tim Point Blank (OGW 416 by MF) pada Kelancaran Gameplay Saat Turnamen

Alief, Muhammad Nur and Muhammad Irawan Saputra, S.Ikom., M.Ikom. (2023) Peran Komunikasi Intruksional Leader Tim Point Blank (OGW 416 by MF) pada Kelancaran Gameplay Saat Turnamen. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Internet merupakan New Media yang diminati seluruh masyarakat Indonesia seperti halnya media konvensional sebelumnya : televisi dan radio. Hal ini disebabkan oleh kemajuan dalam teknologi komputer dan jaringan telekomunikasi yang menyebabkan penyatuan atau konvergensi dengan media massa konvensional dengan internet. Komputer dan internet telah menyatu menjadi media baru bagi manusia untuk berkomunikasi dengan cara baru, misalnya user yang dahulu menikmati komputer secara individual kini menggunakan komputer mereka untuk bermain game online yang terkoneksi ke seluruh penjuru dunia. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh komunikasi seorang leader atau ketua dalam suatu tim untuk mencapai kemenangan dan tujuan utama tim tersebut. Komunikasi instruksional dalam penelitian ini meliputi berdasarkan komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal yang terjadi. Namun, di sisi lain terdapat pembagian peran dalam tim tersebut. Pembagian peran tersebut bertujuan agar pemain dalam tim OGW 416 by MF memiliki tanggung jawab dan menyadari porsi masing-masing. Penelitian ini merupakan analisis berdasarkan kejadian sebenarnya yang akan di kaji menggunakan tradisi sibernatika. Dalam tradisi sibernetika terdapat teori-teori yang menjelaskan bagaimana proses komunikasi yang baik secara fisik, biologis, sosial dan dalam perilaku bekerja. Tradisi sibernetika memahami komunikasi sebagai bagian dari sistem atau variabel-variabel yang saling mempengaruhi satu dengan yang lain, serta mengontrol secara keseluruhan dari sebuah sistem yang mampu menerima keseimbangan dan juga perubahan. Pola komunikasi verbal dan nonverbal juga proses pembagian peran dalam tim yang terjadi pada tim OGW 416 by MF pada saat sparing atau turnamen game online Point Blank yang biasanya dilakukan pada satu lokasi yang sama menghasilkan sebuah interaksi. Data berupa voice notes akan dijabarkan dalam bentuk transkrip. Tradisi sibernetika merupakan tradisi dimana didalamnya terdapat banyak orang atau sekelompok orang yang saling berinteraksi dan saling mempengaruhi satu sama lainnya.

English Abstract

The Internet is a New Media that is in demand by all Indonesian people as well as the previous conventional media: television and radio. This is due to advances in computer technology and telecommunications networks that have led to the unification or convergence of conventional mass media with the internet. Computers and the internet have merged into a new medium for humans to communicate in new ways, for example, users who used to enjoy computers individually are now using their computers to play online games that are connected to all corners of the world. This study aims to examine the influence of the communication of a leader or leader in a team to achieve victory and the main goal of the team. Instructional communication in this study includes based on verbal communication and nonverbal communication that occurs. However, on the other hand there is a division of roles within the team. The division of roles is intended so that players in the OGW 416 by MF team have responsibilities and are aware of their respective portions. This research is an analysis based on actual events that will be studied using cybernatics theory. In the cybernetics tradition, there are theories that explain how the communication process, both physically, biologically, socially and in behavior, works. The cybernetic tradition understands communication as part of a system or variables that influence each other, and control the whole of a system that is able to accept balance and change. Verbal and nonverbal communication patterns are also the process of dividing roles within the team that occur in the OGW 416 by MF team during sparring or Point Blank online game tournaments which are usually carried out at the same location resulting in an interaction. Data in the form of voice notes will be described in the form of transcripts. Cybernetics tradition is a tradition in which there are many people or groups of people who interact and influence each other.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523110015
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 01 Mar 2024 06:29
Last Modified: 01 Mar 2024 06:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/216735
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Nur Alief.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item