Pengaruh Penggunaan Topads di Tokopedia dalam Meningkatkan Kunjungan Halaman Produk dan Penjualan

Putera, Gustama Anggiarta and Budi Fajar Supriyanto, S.Kom, M.Kom (2023) Pengaruh Penggunaan Topads di Tokopedia dalam Meningkatkan Kunjungan Halaman Produk dan Penjualan. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penggunaan e-commerce sendiri sudah mulai terkenal sejak dahulu. E-commerce memberikan banyak kemudahan bagi para pelaku usaha yang ingin menjual produk dan jasa mereka ke konsumen yang sesuai. Di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang e-commerce sendiri menyediakan ruang bagi para pelaku usaha yang ingin menjual produk mereka disana, salah satunya yaitu dengan menggunakan marketplace. Di Indonesia sendiri, sudah banyak marketplace yang bisa ditemukan dan digunakan oleh semua orang, salah satunya yaitu Tokopedia. Berdasarkan data yang diambil dari Similarweb, Tokopedia menduduki peringkat ke-2 sebagai marketplace yang paling banyak digunakan di Indonesia. Oleh karena itu, banyak pelaku usaha yang memanfaatkan Tokopedia untuk memulai usaha mereka. Di Tokopedia sendiri, juga menyediakan fitur iklan berupa Topads yang bisa digunakan oleh penjual untuk mempromosikan produk mereka di Tokopedia. Dibalik kemudahan yang diberikan, terkadang banyak para pelaku usaha khususnya yang baru saja ingin memulai usaha mereka mengalami kesulitan dalam mendatangkan banyak pembeli dan meningkatkan penjualan. Oleh karena itu, di penelitian ini akan menjelaskan apakah penggunaan Topads di Tokopedia dapat meningkatkan kunjungan ke halaman produk dan penjualan. Setelah dilakukan penelitian selama 20 hari, dapat disimpulkan bahwa : (1) penggunaan Topads di Tokopedia dapat meningkatkan kunjungan ke halaman produk sebanyak 33 kali dibandingkan dengan tidak menggunakan Topads yang mendapatkan kunjungan ke halaman produk sebanyak 17 kali. (2) dengan menggunakan Topads sekalipun, belum tentu meningkatkan penjualan.

English Abstract

The use of e-commerce itself has been famous for a long time. E-commerce provides many conveniences for business people who want to sell their products and services to the right consumers. In a company engaged in e-commerce itself, it provides space for business people who want to sell their products there, one of which is by using a marketplace. In Indonesia itself, there are already many marketplaces that everyone can find and use, one of which is Tokopedia. Based on data taken from Similarweb, Tokopedia is ranked 2nd as the most used marketplace in Indonesia. Therefore, many business people use Tokopedia to start their business. On Tokopedia itself, it also provides an advertising feature in the form of Topads which sellers can use to promote their products on Tokopedia. Behind the convenience provided, sometimes many business actors, especially those who just want to start their business, experience difficulties in bringing in many buyers and increasing sales. Therefore, this research will explain whether the use of Topads on Tokopedia can increase visits to product pages and sales. After 20 days of research, it can be concluded that: (1) using Topads on Tokopedia can increase visits to product pages by 33 times compared to not using Topads which get visits to product pages 17 times. (2) even using Topads, it doesn't necessarily increase sales.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0523170301
Uncontrolled Keywords: Advertising, E-Commerce, Marketplace, Online Marketing Strategy, Tokopedia, Topads-Periklanan, E-Commerce, Marketplace, Strategi Pemasaran Online, Tokopedia, Topads
Divisions: Program Vokasi > D3 Teknologi Informasi
Depositing User: soegeng Moelyono
Date Deposited: 29 Feb 2024 03:32
Last Modified: 29 Feb 2024 03:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/216668
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Gustama Anggiarta Putera.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item