Penerapan Promo Sebagai Penunjang Jangkauan Cafe Paraiso Coffee & Eatery Di Bulan Ramadan

Widyatama, Faiz Azhar and Ir. I Dewa Made Widia, MT (2023) Penerapan Promo Sebagai Penunjang Jangkauan Cafe Paraiso Coffee & Eatery Di Bulan Ramadan. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Promosi merupakan suatu upaya menawarkan produk atau jasa yang bertujuan untuk menarik calon konsumen agar meningkatkan volume penjualan. Pertumbuhan penggunaan media online dipicu oleh semakin berkembangnya teknologi informasi. Media sosial menjadi salah satu perkembangan dari teknologi informasi yang saat ini sering digunakan oleh sebagian besar masyarakat. Salah satu manfaatnya yaitu dapat digunakan sebagai media komunikasi secara daring. Pelaku usaha dapat memanfaatkan perkembangan pemasaran dengan melakukan promosi menggunakan media sosial yang berbasis internet, atau biasa dikenal dengan digital marketing. Keberadaan diskon sebagai upaya yang dilakukan oleh pemilik usaha diharapkan dapat menjadi pemicu dalam peningkatan minat beli konsumen terhadap produk yang ditawarkan. Pada penelitian ini akan membahas tentang bagaimana promo sebagai penunjang jangkauan pemasaran Paraiso Coffee & Eatery di bulan ramadhan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan promo sebagai penunjang jangkauan pengunjung Paraiso Coffee & Eatery di bulan ramadhan. Metode akuisisi data pada penelitian ini memanfaatkan observasi yang dilakukan dengan mengunggah konten promosi di Instagram dan dilihat apakah konten tersebut membawa pengaruh terhadap total jumlah item menu terjual di Paraiso Coffee & Eatery. Metode pengolahan datanya menggunakan metode pengolahan kuantitatif yaitu metode membandingkan total jumlah item menuterjual sebelum dan sesudah diadakan promo. Kemudian temuan data menghasilkan hasil akhir yang dapat disimpulkan bahwa promo harga terbukti efektif sebagai penunjang jangkauan pemasaran Paraiso Coffee & Eatery di bulan ramadhan.

English Abstract

Promotion is an effort to offer products or services that aim to attractpotential customers to increase sales volume. The growth in the use of onlinemedia is triggered by the development of information technology. Social media is one of the developments in information technology that is currently used by most people. One of the benefits is that it can be used as a medium of online communication. Business actors can take advantage of marketing developments by conducting promotions using internet-based social media, or commonly known as digital marketing. The existence of discounts as an effortmade by business owners is expected to be a trigger in increasing consumer buying interest in the products offered. In this study, we will discuss how promos support the marketing reach of Paraiso Coffee & Eatery in the month of Ramadan. The purpose of this research is to find out how much influence the implementation of promos has to support the reach of Paraiso Coffee & Eatery visitors in the month of Ramadan. The data acquisition method in this study utilizes observations made by uploading promotional content on Instagram and seeing whether this content has an influence on the total number of menu items sold at Paraiso Coffee & Eatery. The data processing method uses a quantitative processing method, namely the method of comparing the total number of menu items sold before and after a promo is held. Then the data findings produce the final results which can be concludedthat price promos have proven effective as a support for Paraiso Coffee & Eatery's marketing reach in the month of Ramadan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0523170291
Uncontrolled Keywords: penerapan promo, konten promo, jangkauan pemasaran-promo implementation, promo content, marketing reach
Divisions: Program Vokasi > D3 Teknologi Informasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 29 Feb 2024 01:11
Last Modified: 29 Feb 2024 01:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/216643
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Faiz Azhar Widyatama.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item