Wardani, Dinar Safira Kusuma and Dwiatmanto, Dr. Drs., M,Si (2023) Optimalisasi Pelayanan Data Pada Website Badan Pusat Statistik Kabupaten Madiun. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Sesuai UU No. 16 Tahun 1997 tentang statistik, BPS merupakan badan yang berperan dalam menyediakan kebutuhan data bagi masyarakat. Dalam pelaksanaannya, BPS senantiasa berupaya melakukan peningkatan dan pengembangan kualitas layanan statistik publik. Tujuan penelitian ini guna menghasilkan strategi dalam mengoptimalkan pelayanan data pada website BPS Kabupaten Madiun. Key Informan dalam penelitian ini meliputi Kepala BPS Kabupaten Madiun, Kelompok Jabatan Fungsional, Masyarakat serta Mahasiswa sebagai pengguna. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pelayanan data BPS Kabupaten Madiun menunjukkan bahwa ketersediaan data yang ada di website dapat dipertanggungjawabkan dan telah sesuai dengan peraturan perundang-undangan, sesuai dengan kondisi dan kemampuan pemberi dan penerima pelayanan dengan tetap berpegang pada prinsip efisiensi dan efektivitas. Telah melibatkan peran serta masyarakat. Tidak adanya deskriminatif yaitu tidak membedakan suku, ras, agama, golongan, gender, dan status ekonomi kepada masyarakat pengguna layanan data. Secara rutin melakukan survei kepuasan konsumen untuk meningkatkan pelayanan data.
English Abstract
According to Law No. 16 of 19997 on Statistik, BPS has on important role to provide trusted official statistiks to the government and publik. In practice, BPS consistenly strives to improve and develop the quality of stastistical publik. The purpose of this research is to produce strategies in optimizing data services on the BPS Website of Madiun District. Key Informants in this study include the Head of BPS of Madiun District, Fungsional And Community Department Group as users. The testing method of this research uses descriptive qualitative. The results of BPS data service research in Madiun District show that the availability of data on the website, can be accounted for and has been in accordance with the conditions and abilities of services providers and recipients by sticking to the principles of efficiency and effectiveness. It involves community participation. The absence of discrimination is not distinguishing ethnicity, race, religion, class, gender, and economic status to the community of data service users. Routinely conduct consumer satisfaction surveis to improve data services.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 0523170283 |
Uncontrolled Keywords: | BPS, Optimization, Service, Data-BPS, Optimalisasi, Pelayanan, Data |
Divisions: | Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 28 Feb 2024 02:39 |
Last Modified: | 28 Feb 2024 02:39 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/216617 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Dinar Safira Kusuma Wardani.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |