Pengaruh Transformasi Digital Dan Kemitraan Strategis Terhadap Kinerja Kemitraan Dengan Inovasi Layanan Sebagai Mediasi (Studi Pada Collecting Agent Mitra Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan Republik Indonesia)

Nushobah, Ahmad Royan and Prof. Dr. Dra. Sumiati,, M.Si, and Dr. Dra. Kusuma Ratnawati, MM.,, MM., (2023) Pengaruh Transformasi Digital Dan Kemitraan Strategis Terhadap Kinerja Kemitraan Dengan Inovasi Layanan Sebagai Mediasi (Studi Pada Collecting Agent Mitra Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan Republik Indonesia). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh transformasi digital, kemitraan strategis, dan inovasi layanan terhadap kinerja kemitraan. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh transformasi digital dan kemitraan strategis yang dimediasi oleh inovasi layanan terhadap kinerja kemitraan. Objek penelitian ini adalah Collecting Agent Penerimaan Negara sebagai Mitra Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan Republik Indonesia terkait dengan pengelolaan penerimaan negara Republik Indonesia. Teknik sampling jenuh digunakan dalam penelitian ini. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan menggunakan kuesioner secara online terhadap 95 manajer tingkat menengah pada Collecting Agent Penerimaan Negara. Data penelitian dianalisis menggunakan Structural Equation Modelling – Partial Least Square (SEMPLS) dengan menggunakan aplikasi SmartPLS 3.2.9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transformasi digital tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja kemitraan. Transformasi digital merupakan sumber daya dasar yang tidak secara independen mempengaruhi kinerja secara positif. Hal ini berarti masih diperlukan sumber daya lain agar transformasi digital dapat mempengaruhi kinerja kemitraan. Hasil penelitian lainnya menunjukkan bahwa kemitraan strategis dan inovasi layanan berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja kemitraan. Selain itu, transformasi digital dan kemitraan strategis berpengaruh positif signifikan terhadap inovasi layanan. Ditemukan pula bahwa inovasi layanan memediasi pengaruh transformasi digital dan kemitraan strategis terhadap kinerja kemitraan. Penelitian ini menekankan pentingnya penerapan transformasi digital dan kemitraan strategis pada inovasi layanan organisasi untuk meningkatkan kinerja organisasi yang berasal dari kemitraan. Secara teoritis, hasil penelitian ini mendukung Resource Based View Theory dan Transaction Cost Theory.

English Abstract

This research aims to examine and analyze the influence of digital transformation, strategic partnerships, and service innovation on partnership performance. Apart from that, this research also aims to test and analyze the influence of digital transformation and strategic partnerships mediated by service innovation on partnership performance. The object of this research is the Collecting Agent for State Revenue as a Partner of the Directorate General of Treasury, Ministry of Finance of the Republic of Indonesia related to the management of state revenue of the Republic of Indonesia. Saturated sampling technique was used in this research. Research data was collected using an online questionnaire for 95 middle level managers at the State Revenue Collecting Agent. Research data was analyzed using Structural Equation Modeling - Partial Least Square (SEM-PLS) using the SmartPLS 3.2.9 application. The research results show that digital transformation does not have a significant effect on partnership performance. Digital transformation is a basic resource that does not independently influence performance positively. This means that other resources are still needed so that digital transformation can influence partnership performance. Other research results show that strategic partnerships and service innovation have a significant positive effect on partnership performance. In addition, digital transformation and strategic partnerships have a significant positive effect on service innovation. It was also found that service innovation mediates the influence of digital transformation and strategic partnerships on partnership performance. This research emphasizes the importance of applying digital transformation and strategic partnerships to organizational service innovation to improve organizational performance that comes from partnerships. Theoretically, the results of this research support Resource Based View Theory and Transaction Cost Theory.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 0423020144
Uncontrolled Keywords: Transformasi Digital, Kemitraan Strategis, Inovasi Layanan, Kinerja Kemitraan
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 27 Feb 2024 08:07
Last Modified: 27 Feb 2024 08:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/216560
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ahmad Royan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item