Artanti, Anita Indira and Saiful Rahman Yuniarto, S.Sos. MAB (2023) Pengembangan Media Sosial Instagram @jasaraharjamalang Sebagai Upaya Edukasi Masyarakat Tentang Pajak Kendaraan Bermotor. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media sosial Instagram @jasaraharjamalang sebagai upaya edukasi masyarakat tentang pajak kendaraan bermotor. Manfaat pengembangan ini adalah untuk mengedukasi masyarakat terhadap kewajiban membayar pajak kendaraan bermotor serta meningkatkan pengetahuan masyarakat dengan memanfaatkan pengembangan media sosial Instagram @jasaraharjamalang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun beberapa teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. dari hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) Pengembangan media sosial Instagram sebagai upaya edukasi masyarakat tentang pajak kendaraan bermotor dilakukan untuk memberi informasi kepada masyarakat untuk mematuhi pajak kendaraan bermotor untuk kepentingan dirinya masing-masing. (2) Pembuatan konten Pengembangan Instagram @jasaraharjamalang sebagai upaya edukasi masyarakat tentang pajak kendaraan bermotor ini berdasarkan alur yang telah dilalui agar tidak terjadi kesalahan informasi saat dilakukan publikasi. (3) Informasi edukasi pajak kendaraan bermotor yang diposting melalui akun Instagram @jasaraharjamalang berupa gambar postingan. Dengan respon baik yang diterima masyarakat sehingga dapat dijadikan media edukasi untuk masyarakat yang belum paham akan informasi mengenai alur pajak kendaraan bermotor dan kegunaanya.
English Abstract
This research aims to develop Instagram social media @jasaraharjamalang as an effort to educate the public about motor vehicle tax. The benefits of this development are to educate the public about the obligation to pay motor vehicle tax and increase public knowledge by utilizing the development of Instagram social media @jasaraharjamalang. This study uses a descriptive method with a qualitative approach. The several data collection techniques used are observation, interviews and documentation. From the results of the study it was concluded that: (1)The development of Instagram social media as an effort to educate the public about motor vehicle tax is carried out to provide information to the public to comply with motor vehicle tax for their own benefit. (2) Content creation Development of Instagram @jasaraharjamalang as an effort to educate the public about motorized vehicle tax is based on the path that has been passed so that there is no misinformation during publication. (3) Information on motor vehicle tax education that is posted via the Instagram account @jasaraharjamalang is in the form of an image post. With a good response received by the community so that it can be used as an educational medium for people who do not understand information about the flow of motorized vehicle taxes and their uses.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523170262 |
Uncontrolled Keywords: | pajak, pengembangan, instagram, media edukasi-taxes, development, instagram, educational media |
Divisions: | Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 27 Feb 2024 01:25 |
Last Modified: | 27 Feb 2024 01:25 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/216540 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Anita Indira Artanti.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |