Hartono, Agung Budi and Erlangga Setyawan, SP., MM (2023) Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pemesanan Kamar di Hotel Melia Purosani Yogyakarta. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Electronic word of mouth saat ini sudah menjadi bagian dari kewajiban sebuah hotel untuk meningkatkan minat pembelian kamar. Pembelian melalui e-commerce dapat sangat menguntungkan pelanggan karena penjual dapat menjamin pemberian kenyamanan, kemudahan informasi, dan pengalaman yang sangat berbeda dengan pembelian melalui offline. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh dari electronic word of mouth terhadap keputusan pemesanan kamar di hotel. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan Teknik yang berlandaskan positivistic (data konkrit), data penelitian berupa angka-angka yang akan diukur menggunakan statistik sebagai alat uji penghitungan, berkaitan dengan masalah yang diteliti untuk menghasilkan suatu kesimpulan Populasi dan Sampel. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa electronic word of mouth memiliki peran penting untuk hotel karena saat ini dunia digital sudah sangat mendominasi. Penelitian ini menunjukan bahwa pemesanan kamar di hotel Melia Purosani sangat dipengaruhi oleh electronic word of mouth, untuk menjadikan hotel dengan penilaian yang baik harus memperhatikan bagaimana cara menarik hati tamu agar bisa menginap dengan puas dari awal kedatangan hingga tamu selesai menginap. Hasil pengujian hipotesis secara parsial (uji t) Maka didapatkan Df sebesar 103, dan taraf signifikannya adalah 1,983. Variabel electronic word of mouth memiliki nilai t hitung yaitu 2,711 dimana lebih besar daripada t tabel yaitu 1,983. Dan nilai signifikasi 0,000 lebih kecil dari 0,05 sesuai dengan dasar pengambilan keputusan pada uji T maka dapat disimpulkan bahwa Electronic Word of Mouth memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian kamar dan hipotesis dapat diterima.
English Abstract
Electronic word of mouth has now become part of a hotel's obligations to increase interest in buying rooms. Purchasing through e-commerce can greatly benefit customers because sellers can guarantee the provision of convenience, ease of information, and an experience that is very different from purchasing through offline. This study aims to analyze the effect of electronic word of mouth on the decision to book a room at a hotel.This study uses a quantitative research method with techniques based on positivistic (concrete data), research data in the form of numbers that will be measured using statistics as a means of calculating the test, related to the problem under study to produce a population and sample conclusion. The results of the study show that electronic word of mouth has an important role for hotels because currently the digital world has dominated. This research shows that room bookings at the Melia Purosani hotel are heavily influenced by electronic word of mouth, to make a hotel with a good rating it must pay attention to how to attract guests so they can stay satisfied from the first time they arrive until the guests finish their stay. The results of testing the hypothesis partially (t test) Then obtained a Df of 103, and the significance level was 1.983. The electronic word of mouth variable has a calculated t value of 2.711 which is greater than the t table of 1.983. And the significance value of 0.000 is less than 0.05 according to the basis of decision making on the T test, it can be concluded that the Electronic Word of Mouth has an influence on the decision to buy a room and the hypothesis can be accepted.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 0523170253 |
Uncontrolled Keywords: | Electronic Word of Mouth, Pemesanan Kamar-Electronic Word of Mouth, Room Reservation |
Divisions: | Program Vokasi > D4 Manajemen Perhotelan |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 26 Feb 2024 06:47 |
Last Modified: | 26 Feb 2024 06:47 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/216509 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Agung Budi Hartono.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |