Ivanto, Aghna Dewi P. and Galih Panji Hardiko, S.TP., M.T (2022) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Paraiso Coffee & Eatery. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Saat ini, Coffee Shop semakin menjamur di kalangan masyarakat. Menurut International Coffee Organization (ICO) tingkat konsumsi kopi di Indonesia meningkat sebanyak 44% dalam periode sepuluh tahun (Oktober 2008- September 2019). Seiring dengan peningkatan konsumsi kopi masyarakat Indonesia, keadaan yang terjadi sekarang tentu berbeda dengan keadaan terdahulu. Kemajuan pertumbuhan kedai kopi atau Coffee Shop membawa pengaruh yang cukup besar terhadap perubahan peningkatan minat masyarakat Indonesia dalam meminum kopi. Terkenal dengan wisata nya, Kota Malang juga menjadi salah satu kota pelajar dengan jumlah penduduk yang terus meningkat. Menjamurnya Coffee Shop di Kota Malang ini mengakibatkan persaingan menjadi semakin ketat. Salah satu cara untuk mengatasi persaingan adalah menciptakan strategi pemasaran yang menekankan pada kepuasan pelanggan. Kualitas pelayanan memiliki hubungan yang erat dengan kepuasan pelanggan. Kualitas memberikan suatu dorongan kepada pelanggan untuk menjalin ikatan hubungan yang erat dengan perusahaan. Kualitas pelayanan juga menjadi salah satu kunci utama keberhasilan. Pada penelitian ini akan membahas tentang pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Paraiso Coffee & Eatery. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan barista terhadap kepuasan pelanggan pada Paraiso Coffee & Eatery. Metode akuisisi data pada penelitian ini memanfaatkan kuesioner dengan acuan ukur skala likert 1-5 dan untuk metode pengolahan datanya menggunakan metode pengolahan kuantitatif yaitu metode pembobotan serta perhitungan index % untuk mendapatkan hasil akhir. Pada penelitian didapatkan data dari 30 responden yang valid, kemudian temuan data diolah menggunakan metode kuantitatif dan menghasilkan hasil akhir sebanyak 89.6% yang berada pada kategori sangat setuju, maka dapat disimpulkan bahwa responden yang merupakan pelanggan Paraiso Coffee & Eatery Sangat Setuju dengan pernyataan bahwa kualitas pelayanan mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan.
English Abstract
Currently, Coffee Shops are increasingly mushrooming in the community. According to the International Coffee Organization (ICO) the level of coffee consumption in Indonesia increased by 44% in a ten year period (October 2008-September 2019). Along with the increasing consumption of Indonesian coffee, the current situation is certainly different from the previous situation. The progress of the growth of coffee shops or Coffee Shops has had a considerable influence on changes in increasing the interest of the Indonesian people in drinking coffee. Famous for its tourism, Malang City is also a student city with a population that continues to increase. The mushrooming of coffee shops in Malang City has resulted in increasingly fierce competition. One way to overcome competition is to create a marketing strategy that emphasizes customer satisfaction. Service quality has a close relationship with customer satisfaction. Quality provides an impetus to customers to establish a close relationship with the company. Quality of service is also one of the main keys to success. In this study will discuss the effect of service quality on customer satisfaction at Paraiso Coffee & Eatery. The purpose of this study was to determine the effect of barista service quality on customer satisfaction at Paraiso Coffee & Eatery. The data acquisition method in this study utilized a questionnaire with a Likert scale measurement reference of 1- 5 and for the data processing method used a quantitative processing method, namely the weighting method and calculating the % index to get the final result. In the study, data were obtained from 30 valid respondents, then the data findings were processed using the quantitative method and yielded a final result of 89.6% which was in the strongly agreed category. It can be concluded that respondents who are customers of Paraiso Coffee & Eatery Strongly agree with the statement that service quality affects the level of customer satisfaction.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522170103 |
Uncontrolled Keywords: | service quality, customer satisfaction, paraiso coffee & eatery-kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan, paraiso coffee & eatery |
Divisions: | Program Vokasi > D3 Teknologi Informasi |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 26 Feb 2024 03:57 |
Last Modified: | 26 Feb 2024 03:57 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/216492 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Aghna Dewi P.Ivanto.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |