Redesain Interior Museum 10 November Surabaya dengan Pendekatan Memorabilia menggunakan Multimedia Interaktif

Ardzatullail, Afifah and Kristanto Adi Nugroho, S.T., M.T and Guruh Pratama Zulkarnaen, S.T., Ars., M.Ars. (2023) Redesain Interior Museum 10 November Surabaya dengan Pendekatan Memorabilia menggunakan Multimedia Interaktif. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Museum merupakan gudang berbagai jenis benda yang penting bagi kehidupan bangsa. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali, jumlah pengunjung Museum Nasional menurun 25% pada tahun 2017, dari 399.618 orang menjadi 299.049 orang. Perubahan tipe pengunjung sendiri merupakan salah satu aspek yang mempengaruhi penurunan jumlah pengunjung. hasil observasi Museum 10 November Surabaya diketahui bahwa alur story line dan alur sirkulasi pengunjung yang belum runtut, kurangnya pencahayaan dalam interior ruang pamer sehingga besar kemungkinan akan terjadi kelembapan pada dinding. Sehingga redesain sebuah museum dengan menggunakan konsep memorabilia dan multimedia interaktif bertujuan untuk memunculkan kembali peristiwa sejarah di masa kini dengan media yang lebih modern dan dipahami oleh masyarakat. Hadirnya konsep memorabilia diaplikasikan melalui bentukan material khas zaman kolonial. Sehingga dapat menciptakan interior yang dapat memunculkan kembali cerita sejarah masa lalu perjuangan Bung Tomo dalam peristiwa Sepuluh November 1945 secara runtut dan jelas.

English Abstract

The museum is a repository of various types of objects that are important for the life of the nation. According to research conducted by the Nusa Dua Bali Tourism College, the number of visitors to the National Museum decreased by 25% in 2017, from 399,618 people to 299,049 people. Changes in the type of visitors themselves is one of the aspects that affect the decrease in the number of visitors. the observation results of the Surabaya 10 November Museum found that the story line and circulation flow of visitors were not coherent, there was a lack of lighting in the interior of the exhibition space so there was a high probability that moisture would form on the walls. So that the redesign of a museum using the concept of interactive memorabilia and multimedia aims to bring back historical events in the present with media that is more modern and understood by the public. The presence of the concept of memorabilia is applied through material formations typical of the colonial era. So as to create an interior that can bring back historical stories of Bung Tomo's past struggles in the events of November 1945 in a coherent and clear manner.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0523170252
Uncontrolled Keywords: Museum, Kota Surabaya, Museum 10 November Surabaya, Memorabilia, Multimedia Interaktif-Museum, Surabaya City, Surabaya 10 November Museum, Memorabilia, Interactive Multimedia
Divisions: Program Vokasi > D4 Desain Grafis
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 26 Feb 2024 03:42
Last Modified: 26 Feb 2024 03:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/216491
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Afifah Ardzatullail.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Actions (login required)

View Item View Item