Penambahan Tepung Edamame (Glycin max L. Merill) pada Permen Susu”,

Aji, Muhammad Dhafa Prasetyo and Dr. Herly Evanuarini,, S.Pt., MP (2024) Penambahan Tepung Edamame (Glycin max L. Merill) pada Permen Susu”,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Permen susu adalah salah satu produk olahan susu yang banyak digemari oleh masyarakat karena memiliki rasa yang manis dan lezat. Proses karamelisasi pada pembuatan permen susu menyebabkan aroma dan rasa yang pekat serta warna kecokelatan yang kurang diminati oleh konsumen. Proses pembuatan permen susu menggunakan suhu tinggi yang menyebabkan penurunan nilai gizi. Salah satu upaya untuk meningkatkan nilai gizi dan warna permen susu yaitu dengan penambahan bubuk kedelai edamame (Glycin max L. Merill). Kedelai edamame memiliki kandungan flavonoid yang tinggi terutama antosianin, yaitu pigmen berwarna hijau hingga kekuningan yang berkhasiat sebagai antioksidan dan memberikan warna yang menarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penambahan bubuk kedelai edamame (Glycin max L. Merill) yang tepat pada permen susu ditinjau dari protein, lemak, gula reduksi dan total gula. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan informasi bagi mahasiswa dan semua pihak untuk mengembangkan inovasi produk olahan pangan hasil ternak tentang permen susu dengan penambahan bubuk kedelai edamame. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 30 Agustus hingga 30 September 2023 di Laboratorium Teknologi Hasil Ternak Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya untuk pembuatan permen susu serta pengujian kadar lemak, protein, gula reduksi dan total gula di Laboratorium Pengujian Mutu dan Keamanan Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Brawijaya.. Materi yang digunakan adalah permen susu yang dibuat dari susu sapi segar, gula, agar-agar dan bubuk kedelai edamame. Metode penelitian yang digunakan adalah metode percobaan laboratorium dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan penambahan bubuk kedelai edamame adalah P0 (tanpa penambahan bubuk kedelai edamame), P1 (penambahan bubuk kedelai edamame sebanyak 0,5 g), P2 (penambahan bubuk kedelai edamame sebanyak 1 g) dan P3 (penambahan bubuk kedelai edamame sebanyak 1,5 g). Data analisis menggunakan analisis ragam dan jika ada perbedaan yang nyata atau sangat nyata antar perlakuan dilanjutkan dengan analisis Uji Jarak Berganda Duncan (UJBD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan bubuk kedelai edamame memberikan pengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap lemak, protein, gula reduksi dan total gula permen susu. Kisaran rata-rata lemak sebesar 21,57-28,05%, protein 11,11-14,91%, gula reduksi 15,69-19,74%, dan total gula 31,57-24,65%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penambahan bubuk kedelai edamame pada permen susu pada perlakuan P3 (penambahan bubuk kedelai edamame 1,5 g) menjadi perlakuan terbaik yang memiliki nilai lemak 21,57%, protein 14,91% , gula reduksi 19,74% dan total gula 24,65%. Saran dari penelitian yaitu perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai daya simpan permen susu dengan penambahan bubuk kedelai edamame sebanyak 1,5 g.

English Abstract

The purpose of this study was to determine the best addition of edamame soybean powder to milk candy based on fat, protein, reducing sugar and total sugar content. The research materials used were fresh milk, granulated sugar, agar-agar and edamame soybean powder. The research method used was a laboratory experiment with a completely randomized design (CRD) with four treatments and four replications, namely P0 (without the addition of edamame soybean powder), P1 (0.5 g), P2 (1 g), and P3 (1.5 g) in making milk candy. The variables measured were fat, protein, reducing sugar and total sugar. Data were analyzed with Analysis of Variance (ANOVA) and if there was a significantly different effect, it was continued with Duncan's Multiple Range Test (UJBD). The results showed that the addition of edamame soy flour had a very significant effect (P<0.01) on fat, protein, reducing sugar and total sugar of milk candy. The average fat was 21.57-28.05%, protein 11.11-14.91%, reducing sugar 15.69-19.74%, and total sugar 31.57-24.65%. It can be concluded that the addition of 1.5 g edamame soybean powder provides the best treatment for milk candy and it can be suggested to conduct research on the shelf life of milk candy.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524050081
Uncontrolled Keywords: Milk Candy, edamame soybean powder, natural color
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 26 Feb 2024 07:59
Last Modified: 26 Feb 2024 07:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/216437
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Dhafa Prasetyo Aji.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item