Pemanfaatan Penggunaan Fiture Bukalapak Dan Shopee Marketplace Terhadap Keputusan Pembelian Frozen Food Sosis Dan Nugget

Jamalluddin, Muchammad and Prof. Ir. Hari Dwi Utami,, MS., M.Appl.Sc., Ph.D., IPM., ASEAN En (2024) Pemanfaatan Penggunaan Fiture Bukalapak Dan Shopee Marketplace Terhadap Keputusan Pembelian Frozen Food Sosis Dan Nugget. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Marketplace adalah website atau aplikasi online yang memfasilitasi proses jual beli dari berbagai toko. Marketplace memiliki konsep yang kurang lebih sama dengan pasar tradisional. Pada dasarnya, pemilik marketplace tidak bertanggung jawab atas barang-barang yang dijual karena tugas mereka adalah menyediakan tempat bagi para penjual yang ingin berjualan dan membantu mereka untuk bertemu pelanggan dan melakukan transaksi dengan lebih simpel dan mudah Penggunaan media sosial dapat dimanfaatkan konsumen dalam memasarkan produk tersebut. Di Indonesia sendiri aplikasi marketplace kurang lebih ada enam macam jenis aplikasi yaitu: Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Blibli.com, JD.id, Lazada, Tokopedia. Dari penelasan diatas penulis tertarik untuk melakuka penelitian tentang penaruh fitur marketplace bukalapak dan shopee terhadap keputusan pembelian konsumen.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (i) karakteristik konsumen, (ii) keputusan pembelian terhadap sosis dan nugget, dan (iii) faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian mereka. Sebanyak 176 konsumen dipilih secara Accidental Purposive Sampling dengan kriteria pernah membeli sosis dan nugget di marketplace bukalapak dan shopee. Pengumpulan data dilaksanakan pada tanggal 10 September hingga 10 Desember 2023. Survei online dengan google form dilaksanakan untuk mengumpulkan data primer melalui aplikasi WhatsApp. Teknik deskriptif, faktor, dan regresi berganda digunakan untuk menganalisis data menggunakan perangkat lunak SPPS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, konsumen pasar bukalapak adalah pelajar perempuan berusia 29-35 tahun yang mengenyam pendidikan perguruan tinggi. Kedua, fiture flash deal Marketplace Bukalapak memiliki harga yang murah dengan waktu penawaran yang terbatas. Ketiga, program flash deal, sistem komunikasi, metode pembayaran yang memiliki banyak pilihan dan gender meningkatkan pembelian sosis dan nugget, sedangkan layanan setelah penjualan, semakin mudah dalam bertransaksi dan usia konsumen menurunkan pembelian mereka terhadap produk tersebut. Terkait dengan pasar shopee, konsumen diwakili oleh mahasiswi berusia 29-35 tahun yang mengenyam pendidikan perguruan tinggi. Fitur Shopee adalah flash sale dengan harga murah dengan waktu penawaran terbatas. Program flash sale, kemudahan bertransaksi, sistem komunikasi, pilihan metode pembayaran, penjualan makanan siap saji dan usia konsumen meningkatkan pembelian sosis dan nugget, sedangkan layanan purna jual dan sistem komunikasi menurunkan pembelian mereka terhadap produk-produk tersebut di pasar Shopee. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu fitur marketplace bukalapak Fitur flash deal Pasar bukalapak memiliki harga murah akan tetapi memiliki waktu penawaran yang terbatas. Program flash deal, wadah komunikasi, pilihan metode pembayaran dan jenis kelamin meningkatkan pembelian sosis dan nugget, sedangkan layanan purna jual, kemudahan transaksi dan usia konsumen menurunkan pembelian terhadap produk tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu fitur marketplace shopee pelajar perempuan yang berusia 29-35 tahun dengan pendidikan perguruan tinggi. Fitur penjualan flash Pasar Shopify memiliki harga murah dengan waktu penawaran terbatas. Program flash sale, kemudahan bertransaksi, sistem komunikasi, metode pembayaran yang banyak pilihan, penjualan makanan siap saji dan usia konsumen meningkatkan pembelian sosis dan nugget, sedangkan layanan purna jual dan sistem komunikasi menurunkan pembelian mereka terhadap produk-produk tersebut di marketplace shopee.

English Abstract

Research was conducted at Bukalapak and Shopee marketplace. This study proposed to determine (i) consumers’ characteristics, (ii) purchasing decision towards sausage and nugget and (iii) factors influencing on their buying. 176 consumers were selected by accidental purposive sampling with criteria have even bought sausage and nugget at Bukalapak and Shopee marketplace. Data collection was held fom 10th Septembe to 10th December 2023. Online survey with google form was implemented to gather primary data via WA. Descriptive, factor and multiple regression technique was applied to analyse the data using software SPPS version 23. Results showed that first, Bukalapak marketplace consumers were female student aged 29-35 years with college education. Second, fiture flash deal Bukalapak marketplace had the low price with limited time in offering. Third, flash deal programme, communication systems, the some choice payment method and gender incrased purchasing sausage and nugget, whereas service after selling, the easier in transaction and consumers’ age decreased their buying towards these products. Regarding to Shopee market pplace, consumers were represented by female student aged 29-35 years with college education. Shopee fiture was flash sale with having the low price with limited time in offering. Flash sale programme, the easier in transaction, communication systems, the some choice payment method, selling “ready food” and consumer’ age incrased purchasing sausage and nugget, whereas service after selling and communication system decreased their buying towards these products in Shopee market.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524050077
Uncontrolled Keywords: Purchasing factors, marketplace features, consumer characteristics
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 23 Feb 2024 07:05
Last Modified: 26 Feb 2024 03:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/216419
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
M jamalluddin Jamal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item