Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Dan Kepemimpinan Transaksional Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Karyawan Pt. Sreeya Sewu Indonesia Tbk-Sidoarjo)

Lishandy, Nabilla Putri and Prof. Dr. Mochammad Al Musadieq, MBA and Dr. Benny Hutahayan, ST., MM (2023) Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Dan Kepemimpinan Transaksional Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Karyawan Pt. Sreeya Sewu Indonesia Tbk-Sidoarjo). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kepemimpinan berperan sebagai alasan tingginya motivasi kerja dan kinerja individu dalam pekerjaan mereka. Peran seorang pemimpin secara signifikan memengaruhi bawahannya, dengan demikian menentukan kemajuan sebuah organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis pengaruh kepemimpinan transformasional dan kepemimpinan transaksional terhadap kinerja karyawan, dengan motivasi kerja sebagai variabel intervening. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori yang dilakukan di PT. Sreeya Sewu Indonesia Tbk-Sidoarjo. Populasi untuk penelitian ini terdiri dari 267 karyawan, dengan sampel sebanyak 160 karyawan yang dipilih menggunakan metode pengambilan sampel acak berstrata proporsional. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur. Penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional dan kepemimpinan transaksional berdampak pada kinerja, dan variabel motivasi dapat memediasi hubungan antara kepemimpinan transformasional dan kinerja. Penelitian ini memberikan implikasi praktis untuk membantu organisasi mencapai efektivitas dan efisiensi yang lebih baik melalui pendekatan kepemimpinan yang lebih terfokus dan memberdayakan karyawan dengan motivasi yang kuat.

English Abstract

Leadership serves as the reason for high work motivation and performance of individuals in their work. A leader's role significantly influences subordinates, there by determining an organization's progress. This research aims to explain and analyze the influence of transformational and transactional leadership on employee performance, with work motivation as an intervening variable. This study is an explanatory research conducted at PT. Sreeya Sewu Indonesia Tbk-Sidoarjo. The population for this research consists of 267 employees, with a sample of 160 employees using proportional stratified random sampling. The analysis method employed in this study is path analysis. This research indicates that transformational and transactional leadership impact performance and the motivation variable can mediate the relationship between transformational leadership and performance. This research provides practical implications to assist organizations in achieving better effectiveness and efficiency through a more focused leadership approach and empowering employees with strong motivation.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 0423030090
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Transformasional, Kepemimpinan Transaksional, Motivasi Kerja dan Kinerja Karyawan.
Divisions: S2/S3 > Magister Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 01 Mar 2024 08:20
Last Modified: 01 Mar 2024 08:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/216394
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nabilla Putri Lishandy.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Actions (login required)

View Item View Item