Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kemanfaatan pada Aplikasi Klampid New Generation (KNG) Terhadap Kepuasan Pengguna Layanan Administrasi Kependudukan (Studi Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya)

Sahputri, Feby Irna and Dr. Drs. Tjajanulin, MS and Martina Purwaning Diah, S.AP., M.AP., (2024) Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kemanfaatan pada Aplikasi Klampid New Generation (KNG) Terhadap Kepuasan Pengguna Layanan Administrasi Kependudukan (Studi Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Administrasi kependudukan merupakan salah satu aspek penting dan dasar dalam pelayanan publik. Hal ini dikarenakan melalui data kependudukan pemerintah dapat mengelola dan mengolah data tersebut untuk memberikan suatu pelayanan publik kepada masyarakat pada bidang lainnya sehingga terwujud kepuasan masyarakat. Namun pada tahun 2022 komplain dari masyarakat atas ketidakpuasan pelayanan adminduk memiliki angka tertinggi dibandingkan dengan pelayanan yang lainnya. Penerapan sistem pelayanan publik administrasi secara manual sering kali mengalami permasalahan yang berdampak terhadap kepuasan masyarakat, seperti proses yang memakan banyak waktu dan tidak ekonomis. Hal itu menjadikan Kota Surabaya untuk membuat inovasi pelayanan publik terutama pelayanan adminduk dengan memanfaatkan perkembangan teknologi di era digitalisasi saat ini. Akhirnya Kota Surabaya dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil meluncurkan aplikasi yang bernama Klampid New Generation (KNG) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan adminduk sehingga menciptakan kepuasan bagi masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan naiknya Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Dispendukcapil Tahun 2022 dan meningkatnya pengguna KNG, akan tetapi rating aplikasi KNG di google play store berada pada rating 1,9 yang berarti buruk. Berkaitan dengan hal tersebut, penelitian ini mengajukan tiga pertanyaan : “Apakah persepsi kemudahan pada aplikasi KNG berpengaruh terhadap kepuasan pengguna layanan adminiduk?”, “Apakah persepsi kemanfaatan pada aplikasi KNG berpengaruh terhadap kepuasan pengguna layanan adminduk?”, “Apakah persepsi kemudahan dan persepsi kemanfaatan berpengaruh pada aplikasi KNG berpengaruh terhadap kepuasan pengguna layanan adminduk?”, penelitian dalam skripsi ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode explanatory research, jenis penelitian survei, dan menelaah fenomena diatas.Dua konsep, yaitu persepsi kemudahan dan persepsi kemanfaatam pengguna dielaborasi menggunakan kuesioner. Pertanyaan diajukan kepada 99 pengguna KNG di Dispendukcapil. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji regresi linier berganda. Hasil analisis mengungkapkan persepsi kemudahan dan kemanfaatan pada KNG berpengaruh terhadap kepuasan pengguna layanan administrasi kependudukan baik secara parsial atau simultan. Hal ini ditunjukan pada analisis statistic bahwa persepsi kemudahan dan kemanfaatan berkontribusi sebesar 60,5% terhadap kepuasan pengguna. Hal ini juga memperlihatkan bahwa ketiga variabel mempunyai pengaruh yang bersifat positif /searah, artinya apabila persepsi kemudahan dan kemanfaatan pada KNG semakin baik maka kepuasan pengguna juga akan semakin meningkat.

English Abstract

Population administration is an important and basic aspect of public services. This is because through population data the government can manage and process this data to provide public services to the community in other fields so that community satisfaction is achieved. However, in 2022 complaints from the public regarding dissatisfaction with population administration services will have the highest number compared to other services. The manual implementation of administrative public service systems often experiences problems that impact public satisfaction, such as processes that take a lot of time and are not economical. This makes the City of Surabaya innovate public services, especially population administration services, by utilizing technological developments in the current era of digitalization. Finally, the City of Surabaya, in this case the Department of Population and Civil Registration, launched an application called Klampid New Generation (KNG) which aims to improve the quality of population administration services so as to create satisfaction for the community. This is evidenced by the increase in the Community Satisfaction Index (IKM) Value of Dispendukcapil in 2022 and the increase in KNG users, however the KNG application rating on the Google Play Store is at 1.9, which means bad. In this regard, this research asks three questions: "Does the perception of ease of the KNG application influence the satisfaction of admin service users?", "Does the perception of usefulness of the KNG application influence the satisfaction of admin service users?" Does the KNG application influence user satisfaction with population administration services? "The research in this thesis uses a quantitative approach, explanatory research method, survey research type, and examines the above phenomena. Two concepts, namely perceived convenience and perceived user usefulness are elaborated using a questionnaire. Questions were asked of 99 KNG users at Dispendukcapil. The data obtained were analyzed using multiple linear regression tests. The results of the analysis reveal that perceptions of ease and usefulness in KNG influence user satisfaction with population administration services, either partially or simultaneously. This is shown in statistical analysis that perceptions of ease and usefulness contribute 60.5% to user satisfaction. This also shows that the three variables have a positive/unidirectional influence, meaning that if the perception of convenience and usefulness in KNG is better, user satisfaction will also increase.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524030023
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik, Administrasi Kependudukan, Klampid New Generation, Kualitas Pelayanan Adminduk, Kepuasan Pengguna Layanan
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 01 Mar 2024 08:20
Last Modified: 01 Mar 2024 08:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/216379
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Feby Irna Sahputri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item