Perumusan Strategi Pemasaran dengan Menggunakan Analisis SWOT (Studi pada Rumah Makan Bebek Goreng Pak H. Dargo Purworejo)

Sayekti, Dinda Putri and Dr. Sunarti, S.Sos, MAB. (2023) Perumusan Strategi Pemasaran dengan Menggunakan Analisis SWOT (Studi pada Rumah Makan Bebek Goreng Pak H. Dargo Purworejo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sektor pariwisata dapat dijadikan sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan aliran devisa dalam negeri dan memperkuat mata uang rupiah. Selain itu, sektor pariwisata juga dapat menciptakan kegiatan ekonomi lainnya seperti pengembangan hotel dan restoran yang mampu menciptakan lapangan kerja, meningkatkan daya beli, dan penggunaan jasa transportasi. Kaitannnya dengan wisata kuliner sendiri, wisata kuliner merupakan salah satu jenis wisata pendamping atau pelengkap jenis wisata lainnya yang juga berperan penting bagi kegiatan perjalanan wisata karena jika ketika wisatawan datang ke suatu daerah wisata, tidaklah lengkap jika tidak mencoba wisata kuliner yang ada pada daerah tersebut. Di Kabupaten Purworejo, Jawa tengah terdapat sebuah rumah makan yang mana sudah dikenal sejak lama oleh banyak orang karena memiliki ciri khas tersendiri pada produk yang dijualnya yang kemudian disukai oleh sebagian banyak masyarakat baik masyarakat Purworejo maupun masyarakat diluar daerah Purworejo. Rumah makan tersebut bernama Rumah Makan Bebek Goreng Pak H. Dargo. Namun seiring berkembangnya zaman dan semakin banyaknya rumah makan yang menarik perhatian banyak orang yang ada di Kabupaten Purworejo, membuat Rumah Makan Bebek Goreng Pak H. Dargo kesulitan untuk menjaga para konsumennya agar tetap membeli produk mereka. Dengan permasalahan yang sudah dijelaskan diatas, disini peneliti mencoba membantu Rumah Makan Bebek Goreng Pak H. Dargo untuk menetapkan strategi pemasaran yang cocok agar dapat tetap bertahan di dunia pemasaran. Untuk menetapkan strategi pemasaran yang cocok tersebut, yang akan dilakukan peneliti adalah menentukan dan menganalisa faktor internal dan eksternal perusahaan, kemudian mencari nilai matriks IFE dan EFE, matriks SWOT, matriks internal-eksternal (IE), dan yang terakhir menentukan nilai Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) yang mana hasil dari nilai QSPM tersebut dijadikan sebagai strategi pemasaran yang cocok bagi Rumah Makan Bebek Goreng Pak H. Dargo.

English Abstract

The tourism sector can be used as an effort to increase domestic foreign exchange flows and strengthen the rupiah currency. In addition, the tourism sector can also create other economic activities such as the development of hotels and restaurants that can create jobs, increase purchasing power, and the use of transportation services. In relation to culinary tourism itself, culinary tourism is one type of companion tour or complement to other types of tourism which also plays an important role for tourist travel activities because if when tourists come to a tourist area, it is incomplete if they do not try culinary tours in the area. In Purworejo Regency, Central Java, there is a restaurant which has been known for a long time by many people because it has its own characteristics in the products it sells which are then favored by many people both the people of Purworejo and people outside the Purworejo area. The restaurant is called Bebek Goreng Pak H. Dargo Restaurant. However, along with the times and the increasing number of restaurants that attract the attention of many people in Purworejo Regency, it makes it difficult for Bebek Goreng Pak H. Dargo Restaurant to keep its customers buying their products. With the problems described above, here researchers try to help Bebek Goreng Pak H. Dargo Restaurant to determine a suitable marketing strategy in order to survive in the marketing world. To determine the suitable marketing strategy, what researchers will do is determine and analyze the company's internal and external factors, then look for the value of the IFE and EFE matrix, SWOT matrix, internal-external matrix (IE), and finally determine the value of the Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) where the results of the QSPM value are used as a suitable marketing strategy for Bebek Goreng Pak H. Dargo Restaurant.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030912
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Faktor Internal dan Eksternal, IFE, EFE, SWOT, IE, QSPM
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Pariwisata
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 01 Mar 2024 08:20
Last Modified: 01 Mar 2024 08:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/216369
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Dinda Putri Sayekti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item