A Pragmatic Study on Pre-service Teachers’ Oral Feedback in Teaching EFL Class of SMKN 12 Malang

Annisa, Indriyani and Dr. Widya Caterine Perdhani, S.Pd., M.Pd. (2023) A Pragmatic Study on Pre-service Teachers’ Oral Feedback in Teaching EFL Class of SMKN 12 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Umpan balik sangat penting dalam pengajaran dan pembelajaran bahasa. Umpan balik memiliki banyak tujuan dan penggunaan umpan balik mempunyai dampak yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Mampu berbicara bahasa tersebut adalah tujuan belajar bahasa Inggris, sehingga siswa perlu memiliki lebih banyak kesempatan untuk menghasilkan lebih banyak keluaran bahasa dengan bantuan umpan balik lisan dari guru. Penelitian ini rnenentukan fungsi pragmatis umpan balik lisan yang digunakan selama pengajaran di kelas EFL. Data yang digunakan adalah rekaman audio calon guru di SMKN 12 Malang. Sampel yang digunakan berasal dari 3 kelas; yaitu kelas X BCF 1, X DKV 1 dan X DKV 2 SMKN 12 Malang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah perekam audio untuk merekam praktik mengajar masing-masing kelas. Kemudian data yang telah didapatkan tersebut ditranskrip secara manual dan dianalisis dcngan pengkodean menggunakan MaxQDA untuk mengetahui frekuensi setiap kategori yang telah digunakan dalam kegiatan pengajaran. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa jenis umpan balik lisan yang paling sering digunakan adalah umpan balik suportif umum. Satu jenis umpan balik dapat menjalankan fungsi pragmatis yang berbeda. Namun kesadaran pragmatis siswa mempengaruhi pemahaman dan sikap mereka terhadap umpan balik yang diberikan. Korpus data rnenunjukkan bahwa umpan balik positif lebih sering muncul dan sering digabungkan. Kombinasi umpan balik ini dapat digunakan sebagai strategi pragmatis untuk meningkatkan interaktivitas kelas.

English Abstract

Feedback is essential in language teaching and learning. Feedback serves many purposes and the use of feedback has significant impacts on students’ learning outputs. Being able to speak the language is the purpose of leaming English, so students need to have more opportunities to produce more language outputs with the help of teacher’s oral feedback. This study determines the pragmatic functions of oral feedback that is used during teaching EFL class. The data were audio recordings of preservice teachers in SMKN 12 Malang. The samples that were used are from 3 classes; there are X BCF 1, X DKV l and X DKV 2 Class of SMKN 12 Malang. The research instrument was an audio recorder to record teaching practices of each representativete class. Then, the data is manually transcribed and is analyzed by encoding it using MaxQDA to find out the frequency of each category that has been used in teaching activity. The findings suggest that the most frequently used oral feedback type is general supportive feedback. One feedback type can serve different pragmatic functions. However, students’ pragmatic awareness affects their understanding and attitude towards the given feedback. The data corpus shows that positive feedback appears more frequently and is often combined. The combinations of these feedback can be used as pragmatic strategies to increase classroom interactivity.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052312
Uncontrolled Keywords: pragmatic, feedback, language leaching and learning- pragmatis, umpan balik, pengajaran dan pembelajaran Bahasa,
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 21 Feb 2024 02:51
Last Modified: 21 Feb 2024 02:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/216365
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Indriyani Annisa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item