Novianti, Alvina and Febi Ariani Saragih, S.Pd., M.Pd. (2023) Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Bahasa Jepang di SMA Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran bahasa Jepang dan kendala apa yang dialami oleh guru ketika mengimplementasikan kurikulum merdeka. Teori yang dipakai adalah pengenian kun'kulum (Bahri, 2017), implementasi kufikulum merdeka (Kemendikbudristek, 2022) dan MGMP bahasa Jepang (Najri, 2020). Metode penclitian yang digunakan adalah kualitatif dcskriptif dengan subjek penelitian yaitu 12 anggota MGMP bahasa Jepang di Malang. Hasil penelitian menunjukkan implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran bahasa J epang di SMA Kota Malang sudah terlaksana dengan baik yang dibuktikan dengan sebagianbesar guru sudah memahami tahapan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran dan asesmen serta sudah mampu membuat dokumen perangkat pembelajaran. Selain itu, didapatkan hasii lain bahwa guru juga mengalami kesulitan baik pada proses perencanaan maupun pada proses pelaksanaan pembclajaran dan asesmen. Kesulitan yang terjadi pada proses perencanaan seperti menentukan materi, dan menyesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. Sedangkan pada proses pelaksanaan kesulitan yang terjadi seperti melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi dan keterbatasan waktu
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052312 |
Uncontrolled Keywords: | Implernentasi Kurikulum Merdeka, Mata Pelajaran Bahasa Jepang |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 02:01 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 02:01 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/216360 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Alvina Novianti.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Actions (login required)
View Item |