“Strategi Pengembangan Agribisnis Ternak Domba (Studi Kasus Di “Peternakan Ibrahim Dadong Awok”)”.

Pradana, Devi Kusuma and Prof. Ir. Hari Dwi Utami, MS.,Eng. M.Appl.Sc.,Ph.D.,IPM.,ASEAN and Dr. Ir. Priyo Sugeng Winarto,, MA. (2024) “Strategi Pengembangan Agribisnis Ternak Domba (Studi Kasus Di “Peternakan Ibrahim Dadong Awok”)”. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Peternakan Ibrahim Dadong Awok. Penelitian ini bertujuan untuk: (i) mengetahui karakteristik pelanggan di Peternakan Ibrahim Dadong Awok. (ii) Mengkaji profil usaha pada Peternakan Ibrahim Dadong Awok. (iii) Menentukan strategi prioritas yang dapat dilakukan untuk pengembangan agribisnis di Peternakan Ibrahim Dadong Awok. Penelitian ini dilaksanakan pada Februari 2023 sampai dengan Januari 2024 di Peternakan Ibrahim Dadong Awok. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling total responden 112 dengan kriteria pelanggan yang pernah melakukan pembelian ternak di Peternakan Ibrahim Dadong Awok. Kesimpulan dari penelitian ini pertama, karakteristik pelanggan yang melakukan pembelian di Peternakan Ibrahim Dadong Awok laki-laki usia 31 – 40 tahun tingkat pendidikan terakhir SMA pekerjaan wiraswasta dengan pendapatan dari Rp 2.000.000,00 sampai Rp 5.000.000,00. Kedua, profil usaha berdasarkan perspektif keuangan menunjukkan kinerja yang sesuai dengan dilakukan oleh peternakan meliputi peternakan mendapatkan keuntungan dari penjualan bibit odot, domba hidup dan paket aqiqah dengan media sosial dan membuka cabang penjualan. Profil usaha berdasarkan perpsektif pelanggan menunjukan kinerja yang sesuai yaitu memenuhi kepuasan pelanggan meliputi memberi harga yang bervariasi, potongan harga dan melayani layanan purna jual. Profil usaha berdasarkan perspektif proses bisnis internal menunjukan kinerja yang sesuai dengan dilakukan oleh peternakan melalui aplikasi whatsapp business untuk pelayanan penjualan, diskusi dan keluhan pelanggan. Profil usaha berdasarkan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan menunjukan kinerja yang sesuai dengan dilakukan oleh peternakan meliputi kapabilitas karyawan dalam teknologi digital untuk mengelolah, menjawab dan melakukan diskusi seputar penanganan, antisipasi penyakit pada domba dan ketiga strategi prioritas yang digunakan untuk pengembangan agribisnis di Peternakan Ibrahim Dadong Awok adalah strategi agresif yaitu memanfaatkan kekuatan kapabilitas karyawan dalam menguasai teknologi digital sehingga karyawan dapat mengoprasikan layanan purna jual dan melakukan pemasaran secara online untuk merebut peluang pasar melalui mempertahankan pelanggan, memenuhi kebutuhan pelanggan, menarik minat pelanggan baru.

English Abstract

This research was conducted at Ibrahim Dadong Awok Farm, Banyuwangi City, East Java Province. This study proposed to determine (i) consumer’s characteristics at Ibrahim Dadong Awok Farm, (ii) assess the business profile of Ibrahim Dadong Awok Farm and (iii) determine priority strategies that can be done for agribusiness development at Ibrahim Dadong Awok Farm. 112 respondents were selected by purposive sampling with criteria having made a purchase at Ibrahim dadong Awok Farm. Data collection was held from February 2023 to January 2024. Online survey with google form was implemented to gather primary data. Descriptive, factor and multiple regression technique was applied to analyse the data using software SPPS version 22. Results showed that first, consumers were male age 31-40 years the latest high school education level work as self-employed with income ranging IDR 2,000,000 – IDR 5,000,000. Second, the farm was profitable in financial perspective through selling the odot grass seeds, the life sheep and aqiqah packages. The farm was fulfill customer satisfaction in customer perspective through varied prices, discounts and after-sales service. The farm internal business process perspective was engaged via the whatsapp business application for sales services, discussions and customer complaints. The farm learning and growth perspective through capabilities was presented through the capability employees in digital technology to manage farm, answered and conducted discussions about handling, anticipating diseases in sheep. Third, priority strategy agribusiness development was conducted with using aggressive strategy, namely utilizing the strength of employee capabilities in digital technology, providing after-sales services and conducted online marketing to seize market opportunities through retaining customers, meeting customer needs and attracting new customers.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 0424050010
Uncontrolled Keywords: balance Scorecard, faktor internal dan faktor eksternal, Analisis SWOT, strategi prioritas
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Ternak, Fakultas Peternakan
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 22 Feb 2024 02:27
Last Modified: 23 Feb 2024 05:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/216347
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Devi Kusuma Pradana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item