Pengujian Keragaman Tumbuh dan Respon Defoliasi (Regrowth) Tanaman Pakan Kacang Fase (Macroptilium lathyroides) Plasma Nutfah Lokal Malang”

Sativa, Chesta Adabi and Ir. Hanief Eko Sulistyo,, MP. (2024) Pengujian Keragaman Tumbuh dan Respon Defoliasi (Regrowth) Tanaman Pakan Kacang Fase (Macroptilium lathyroides) Plasma Nutfah Lokal Malang”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tanaman kacang fase (Macroptilium lathyroides) merupakan salah satu leguminosa yang dapat dimanfaatkan sebagai hijauan pakan ternak sumber protein. Tanaman kacang fase memiliki kemampuan untuk berkembang dengan baik di beragam jenis tanah, mulai dari tanah yang subur hingga tanah yang tidak terlalu kering, serta tanah berpasir dan tanah liat yang padat, sehingga diharapkan dapat tumbuh dengan baik pada berbagai kondisi lingkungan. Kemampuan daya tumbuh kembali setelah defoliasi cukup cepat dan diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas hijauan untuk memenuhi kebutuhan hijauan pakan ternak. Penelitian ini dilaksanakan di Agrotechnopark Universitas Brawijaya dengan alamat Jalan Jatikerto, Seloekiti, Kec. Kromengan, Kab. Malang dari tanggal 5 Agustus hingga 4 Oktober 2023. Penelitian ini dilaksanakan guna mengetahui keragaman dan kemampuan tumbuh kembali pasca defoliasi pada beberapa parameter sifat tumbuh seperti berat daun, berat batang, berat tanaman, tinggi batang, jumlah cabang, jumlah daun dan diameter ba Materi Penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah tanaman Kacang fase dari plasma nutfah lokal Malang, dilakukan penyulaman, penyiraman setiap hari untuk pemeliharaan, defoliasi pada umur 40 hari setelah tanam, dan pemanenan pada umur 40 dan 60 hari setelah tanam. Penelitian ini menggunakan metode percobaan (eksperimen lapang) dengan bentuk Rancangan Petak Tunggal dimana perlakuan tanaman kacang fase (Macroptilium lathyroides) lokal Malang yang ditanam pada plot membentuk sebuah populasi dengan jumlah individu 143 tanaman. Analisis data dilaksanakan dengan mengolah tujuh parameter sifat tumbuh tanaman kacang fase untuk dianalisis ragam dan standar deviasinya menggunakan aplikasi Microsoft excell dan Minitab 21 guna menentukan luas sempitnya keragaman pada parameter tumbuh

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524050045
Uncontrolled Keywords: Macroptilium lathyroides, Diversity, Forage, Legume, Genotype, Germ Plasm.
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 22 Feb 2024 02:25
Last Modified: 22 Feb 2024 02:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/216342
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Chesta Adabi Sativa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item