Hubungan Durasi dan Posisi Duduk Dalam Menggunakan Laptop dengan Keluhan Low Back Pain Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Brawijaya.

Anindya, Emmanuela Ice and Dr. Ns. Dina Dewi Sartika L.I., S.Kep., M.Kep, and Ns. Ahmad Hasyim Wibisono, S.Kep, M.Kep, M.Ng (2023) Hubungan Durasi dan Posisi Duduk Dalam Menggunakan Laptop dengan Keluhan Low Back Pain Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Low back pain merupakan masalah kesehatan yang ditandai dengan adanya gejala utama pada tulang punggung bawah sehingga menyebabkan rasa tidak nyaman dan keterbatasan fisik. Low back pain bukan merupakan penyakit dan tidak menyebabkan kematian namun masalah kesehatan ini bisa membuat menjadi tidak produktif bagi semua yang mengalaminya pada semua kalangan dan usia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan durasi dan posisi duduk dalam menggunakan laptop dengan keluhan low back pain pada mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Brawijaya. Penelitian ini merupakan observasional analitik dengan cross sectional. Alat ukur yang digunakan durasi dan posisi duduk menggunakan pengukuran ROSA (Rapid Office Strain Assesment), dan untuk pengukuran keluhan menggunakan ODI (Modified Oswestry Low Back Pain Disability Questionnaire). Responden penelitian sebanyak 271 orang dan responden adalah mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan dan Ilmu Gizi angkatan 2019, 2020, dan 2021 Universitas Brawijaya. Penelitian dilakukan dari bulan Desember 2022 hingga Januari 2023. Hasil penelitian mendapatkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara durasi duduk dengan keluhan LBP (p=0.826) dan tidak terdapat hubungan yang signifikan antata posisi duduk dengan keluhan LBP (p=1.000). Didapatkan kesimpulan yakni tidak terdapat hubungan yang signifikan antara durasi duduk dengan keluhan Iow back pain dalam menggunakan laptop pada mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Brawijaya. Saran dalam penelitian ini adalah diharapkan dapat meneliti mengenai faktor risiko lain yang dapat mempengaruhi terjadinya keluhan low back pain dan bisa menganalisis hubungan variabel dengan menggunakan analisis multivariat agar hasil yang didapatkan lebih signifikan.

English Abstract

Low back pain is a health illness that causes by main symptoms in the lower spine which can cause discomfort and physical limitations. Low back pain is not a illness and does not cause death, but this health problem can make unproductive for all who experience it in ages group. This study aims to determine the relationship between the duration and sitting position of a person in using a laptop to complaint of low back pain in students at Faculty of Health Sciences, Brawijaya University. This study is an analytical observational with cross sectional. Measuring instruments of position and duration of sitting using ROSA (Rapid Office Strain Assesment), and for the complaints using ODI (Modified Oswestry Low Back Pain Disability Questionnaire). The research respondents were 271 people and respondents were active students of Nursing Science and Nutritional Science with the class of 2019, 2020, and 2021 at Brawijaya University. The study was conducted from December 2022 to January 2023. The result is there was no significant association between sitting duration and low back pain complaints (p= 0.826) and there was no significant association between sitting position an low back pain complaints (p= 1.000). It was concluded that there was no significant correlation between sitting duration and complaints of low back pain of a person in using a laptop to complaint of low back pain in students at Faculty of Health Sciences, Brawijaya University. Suggestions in this study is expected to be able to examine other risk factors that can influence the occurrence of low back pain complaints and be able to analyze the relationship of variables using multivariate analysis so that the results obtained are more significant.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523160153
Uncontrolled Keywords: Low Back Pain, Durasi Duduk, Posisi Duduk-Low Back Pain, Sitting Duration, Sitting Position
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 20 Feb 2024 06:35
Last Modified: 20 Feb 2024 06:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/216338
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Emmanuela Ice Anindya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item