Pengembangan E-Modul Pada Mata Pelajaran Administrasi Sistem Jaringan Untuk Kelas 11 TKJ Di SMK Negeri 2 Malang Dengan Model 4-D

Mubarok, Yuda and Retno Indah Rokhmawati, S.Pd. M.Pd. and Faizatul Amalia, S.Pd., M.Pd. (2024) Pengembangan E-Modul Pada Mata Pelajaran Administrasi Sistem Jaringan Untuk Kelas 11 TKJ Di SMK Negeri 2 Malang Dengan Model 4-D. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Era digital memacu transformasi pendidikan, baik sekolah hingga perguruan tinggi mengikuti tren pembelajaran yang modern dan efisien salah satunya modul elektronik. SMK N 2 Malang awal tahun 2023 baru menerapkan Kurikulum Merdeka, kegiatan belajar siswa menggunakan modul yang menyerupai Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang diakses melalui E-Learning sekolah, modul tersebut merupakan modul lama yang dibuat oleh siswa ditahun sebelumnya. Solusi yang diberikan adalah mengembangkan media pembelajaran baru berbentuk E-Modul dengan tujuan dapat membantu siswa meningkatkan pemahaman secara efektif. Pengembangan E-Modul dilakukan dengan menerapkan model pengembangan 4-D dan menggunakan alat bantu canva karena sesuai dengan pengembangan media pembelajaran. Data yang diambil menggunakan metode wawancara, kuesioner, dan tes. Hasil kuesioner uji validasi oleh 2 penguji masing-masing ahli media serta ahli materi menggambarkan bahwa e-modul termasuk kategori sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran dengan persentase ahli media rata-rata 92,8% dan ahli materi rata-rata 88%. Hasil pre-test yang dilakukan oleh 27 orang siswa memperoleh rata-rata sebesar 44,44 dan hasil post-test meningkat 57,17% dengan rata-rata 69,85. Selain itu hasil validitas dari 12 soal menggunakan SPSS menunjukan hasil koefisien yang signifikan lebih besar dari 0,05 atau 0,01. Sedangkan hasil reliabilitas menunjukkan nilai sebesar 0,748 lebih besar dari R tabel 0,381 dengan n = 27 sehingga hasil tersebut ajek untuk digunakan sebagai alat ukur tingkat pemahaman siswa.

English Abstract

The digital era spurs the transformation of education, both schools and universities follow modern and efficient learning trends, one of which is electronic modules. SMK N 2 Malang in early 2023 just implemented the Merdeka Curriculum, student learning activities use modules that resemble Learner Worksheets (LKPD) which are accessed through school E-Learning, the module is an old module made by students in the previous year. The solution provided is to develop new learning media in the form of E-Modules with the aim of helping students improve understanding effectively. E-Module development is carried out by applying the 4-D development model and using Canva tools because it is in accordance with the development of learning media. Data were collected using interviews, questionnaires, and tests. The results of the validation test questionnaire by 2 examiners each media expert and material expert illustrate that the e-module is in the category of very feasible to use in learning with an average media expert percentage of 92.8% and an average material expert of 88%. The pre-test results conducted by 27 students obtained an average of 44.44 and the post-test results increased by 57.17% with an average of 69.85. In addition, the validity results of 12 questions using SPSS showed significant coefficient results greater than 0.05 or 0.01. While the reliability results show a value of 0.748 greater than R table 0.381 with n = 27 so that these results are steady to be used as a measuring tool for the level of student understanding.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524150221
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Model 4D, E-Modul, Media Pembelajaran, Canva-Development, 4D Model, E-Module, Learning Media, Canva
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 02 Apr 2024 06:42
Last Modified: 02 Apr 2024 06:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/216299
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Yuda Mubarok.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item