Pengembangan Internet of Things (IoT) dalam Perekaman Data Iklim Mikro dengan Platfrom Thingsboard

Adaby, Resnu Wahyu and Ir. Heru Nurwarsito, M.Kom. (2024) Pengembangan Internet of Things (IoT) dalam Perekaman Data Iklim Mikro dengan Platfrom Thingsboard. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini mengembangkan sistem Internet of Things (IoT) untuk perekaman dan pemantauan data iklim mikro menggunakan platform Thingsboard, dengan integrasi teknologi LoRa dan The Things Network (TTN). Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan pemahaman dan pengelolaan kondisi iklim dalam lingkungan pertanian. Sistem ini dilengkapi dengan sensor SHT31, DS18B20, BH1750, dan SEN0308 DFRobot untuk mengukur parameter iklim mikro yang utama seperti suhu udara dan tanah, kelembaban udara dan tanah, serta intensitas cahaya. Dragino LSN50v2 dan Dragino OLG02 digunakan sebagai perangkat utama dalam transmisi data ke LoRaWAN server The Things Network yang ter-integrasi dengan platform Thingsboard. Penelitian ini dilakukan di UB Forest, menguji sistem dalam kondisi lingkungan hutan yang rimbun dan kompleks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem ini mampu mentransmisikan data secara konsisten dan efisien, dengan waktu delay transmisi yang rendah, kurang dari satu detik. Keandalan tinggi dalam komunikasi data real-time ini penting dalam aplikasi IoT, terutama dalam konteks pertanian cerdas. Dashboard Thingsboard bisa memudahkan pengguna dalam pemantauan dan analisis data iklim mikro, menyediakan informasi penting yang dapat membantu petani dalam mengoptimalkan kondisi pertanian mereka. Sistem ini menunjukkan hasil performa yang cocok dalam aplikasi pertanian cerdas, memungkinkan petani untuk mengambil keputusan yang lebih tepat berdasarkan data real-time. Hasil ini menawarkan solusi yang efektif dan praktis dalam menghadapi tantangan global seperti perubahan iklim dan keberlanjutan lingkungan.

English Abstract

This research develops an Internet of Things (IoT) system for recording and monitoring microclimate data using the Thingsboard platform, with the integration of LoRa technology and The Things Network (TTN). The main objective is to enhance the understanding and management of climate conditions in agricultural environments. The system is equipped with sensors SHT31, DS18B20, BH1750, and SEN0308 DFRobot to measure key microclimate parameters such as air and soil temperature, air and soil humidity, and light intensity. Dragino LSN50v2 and Dragino OLG02 are used as the main devices in transmitting data to The Things Network's LoRaWAN server integrated with the Thingsboard platform. The research is conducted in UB Forest, testing the system in dense and complex forest environmental conditions. The results show that the system can consistently and efficiently transmit data, with low transmission delay, less than one second. High reliability in this real-time data communication is crucial in IoT applications, especially in the context of smart farming. The Thingsboard dashboard can facilitate users in monitoring and analyzing microclimate data, providing crucial information to help farmers optimize their farming conditions. This system demonstrates performance that suits smart farming applications, enabling farmers to make more informed decisions based on real-time data. These results offer an effective and practical solution to address global challenges such as climate change and environmental sustainability.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524150216
Uncontrolled Keywords: Internet of Things, Thingsboard, Iklim Mikro, LoRa, UB Forest-Internet of Things, Thingsboard, Microclimate, LoRa, UB Forest
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 02 Apr 2024 06:42
Last Modified: 02 Apr 2024 06:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/216293
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Resnu Wahyu Adaby.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Actions (login required)

View Item View Item