Pengaruh Sustainable Marketing Mix Terhadap Keputusan Konsumen dalam Pembelian “Skincare Merek Base” di Kota Malang.

Syalomita., Mellisa Theresia and Prof. Dr. Ir. Syafrial,, M.S. and Dr. Ir. Suhartini,, M.P. (2024) Pengaruh Sustainable Marketing Mix Terhadap Keputusan Konsumen dalam Pembelian “Skincare Merek Base” di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan industri yang berhubungan dengan kosmetik di Indonesia telah menjadi suatu perhatian yang signifikan dalam beberapa tahun belakangan ini. Hal ini disebabkan oleh meningkatknya kesadaran masyarakat akan pentingnya penggunakan perawatan kulit. Skincare sendiri merupakan suatu metode yang dilakukan untuk menjaga kulit baik pria maupun wanita untuk tetap pada kondisi yang terbaik. Sustainable marketing merupakan salah satu metode pemasaran yang digunakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan suatu produk agar dapat berkelanjutan. Penelitan ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan konsep sustainable marketing mix yang diterapkan oleh Base di Kota Malang, menganalisis pengaruh price, product, promotion, people sebagai konsep sustainable marketing mix terhadap keputusan pembelian produk “Base” di Kota Malang. Menganalisis pengaruh kesadaran masyarakat terhadap kesehatan kulit dengan keputusan pembelian produk “Base” di Kota Malang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober – Desember 2023 di Base Kota Malang yang ditentukan secara purposive dengan pertimbangan perusahaan telah menerapkan sustainable marketing. Teknik pengambilang sampel menggunakan metode nonprobability sampling dengan purposive sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian sebanyak 156 responden yang ditentukan menggunakan tabel cohen. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan observasi, serta dianalisis menggunakan Structural Equation Modelling-Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Base telah menerapkan konsep sustainbla marketing. Hal ini ditunjukkan dengan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan, seperti kegiatan yang dilakukan untuk menjaga keseimbangan alam, sosial, dan ekonomi. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa variabel yang berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan konsumen dalam pembelian produk adalah variabel product dan promotion. Hal ini dilihat dengan nilai p-value sebesar 0,000 untuk variabel product dan 0,003 untuk variabel promotion pada alpha 0,1. Lalu, pengaruh variabel kesadaran masyarakat akan kesehatan kulit terhadap keputusan konsumen dalam pembelian produk tidak signifikan, tetapi dapat memberikan pengaruh terhadap variabel bebas. Hal ini dilihat dengan variabel moderasi yang memberikan pengaruh memperkuat hubungan variabel product dan price terhadap variabel keputusan konsumen dalam pembelian produk, serta memberikan pengaruh memperlemah hubungan variabel promotion dan people terhadap variabel keputusan konsumen dalam pembelian produk.

English Abstract

The cosmetics industry in Indonesia has been growing significantly in recent years due to the increasing awareness of the importance of skin care. Skincare is a method of maintaining the skin, both for men and women, to stay in the best condition. Factors such as changes in beauty trends, exposure to information about skin health, and reviews of various skin care products that can be easily found on various social media applications have also contributed to the growth of this industry. Sustainable marketing is one of the methods that can be applied by a product to increase product purchase. Sustainable marketing is a marketing method that takes into account ecological, economic, and social aspects as important aspects in achieving sustainability. Sustainable marketing can be used to help promote various activities that are carried out to achieve the three pillars of sustainability. This can be used as a brand image to the public. This research was carried out in October – December 2023 at the Malang City Base which was determined purposively with the consideration that the company had implemented sustainable marketing. The sampling technique uses a nonprobability sampling method with purposive sampling. The sample used in the research was 156 respondents who were determined using the Cohen table. Data collection techniques were through questionnaires and observations, and analyzed using Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS). The results of this research indicate that Base has implemented the concept of sustainable marketing. This is demonstrated by the activities carried out by the company, such as activities carried out to maintain natural, social and economic balance. The results of this research show that the variables that have a significant influence on consumer decisions in purchasing products are the product and promotion variables. This can be seen from the p-value of 0.000 for the product variable and 0.003 for the promotion variable at alpha 0.1. Then, the influence of the variable public awareness of skin health on consumer decisions in purchasing products is not significant, but can have an influence on the independent variable. This can be seen with the moderating variable which has the effect of strengthening the relationship between product and price variables on consumer decision variables in purchasing products, as well as having the effect of weakening the relationship of promotion and people variables on consumer decision variables in purchasing products.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524040105
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 21 Feb 2024 04:24
Last Modified: 21 Feb 2024 04:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/216229
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Mellisa Theresia Syalomita.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item