Pengembangan Sistem Pembelajaran Teori Dasar Paduan Suara Menggunakan Metode Gamifikasi (Studi Kasus: E-lite Voice)

Amalia, Nur Laili and Ir.Lutfi Fanani, S.Kom., M.T., M.Sc. and Mahardeka Tri Ananta, S.Kom., M.T., M.Sc. (2024) Pengembangan Sistem Pembelajaran Teori Dasar Paduan Suara Menggunakan Metode Gamifikasi (Studi Kasus: E-lite Voice). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Paduan suara merupakan sekelompok orang yang bernyanyi bersama yang terdiri dari dua atau lebih jenis suara. E-lite Voice merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya yang bergerak pada bidang paduan suara. Menurut hasil wawancara dengan pelatih E-lite Voice, para anggota dinilai awam mengenai paduan suara dan membutuhkan pembelajaran untuk hal-hal dasar paduan suara seperti membaca notasi, menerjemahkan partitur, dan lain-lain. Para singer juga selalu dituntut dan dihimbau untuk melakukan pembelajaran secara mandiri. Pelatih E-lite Voice berharap bahwa hal-hal dasar mengenai paduan suara menjadi tanggung jawab singer sepenuhnya. Berdasarkan hasil survei terhadap anggota E-lite Voice menyatakan bahwa 88,9% anggota masih merasa kesulitan untuk melakukan pencarian materi mengenai teori dasar paduan suara secara lengkap. Pada Januari 2022, tercatat 94,5% pengguna internet Indonesia yang berusia 16-64 tahun memainkan game. Berdasarkan hal tersebut, terdapat peluang dan motivasi dalam pengembangan sistem pembelajaran teori dasar paduan suara dengan metode gamifikasi yang bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada pengguna dalam melakukan proses pembelajaran. Pengembangan sistem dilakukan dengan metode waterfall dengan pengujian validasi menggunakan black box testing, pengujian komparasi skor pretest dan skor posttest, pengujian usability bersama 8 responden menggunakan USE Questionnaire, serta pengujian kompatibilitas terhadap beberapa web browser yaitu Chrome, Edge, Mozilla Firefox, dan Safari. Hasil pengujian didapatkan hasil pengujian validasi memiliki tingkat keefektifan 100%. Hasil pengujian kompatibilitas memiliki tingkat keberhasilan 100%. Dari hasil pengujian komparasi skor pretest dan posttest didapatkan peningkatan sebesar 15%. Hasil pengujian usefulness mendapatkan hasil 87,78%, ease of use mendapatkan hasil 88,5%, ease of learning mendapatkan hasil 91,87%, dan satisfaction mendapatkan hasil 87,14%. Hasil total keseluruhan pengujian dengan menggunakan USE Questionnaire mendapatkan hasil 88,42% yang masuk ke dalam kategori “sangat layak”.

English Abstract

Choir is a group of people who sing together consisting of two or more types of voices. E-lite Voice is one of the Student Activity Units of the Faculty of Cultural Studies which operates in the field of choirs. According to the results of interviews with E-lite Voice coach, the members were considered unfamiliar with choirs and needed to learn basic choir things, such as reading notation, translating sheet music, and so forth. Singers are also always required and encouraged to study independently. The coach hope that the basic matters regarding choirs are the singer's responsibility. Based on the results of a survey of E-lite Voice members, it was stated that 88.9% of members still found it difficult to search for complete material regarding basic choral theory. In January 2022, 94.5% of Indonesian internet users aged 16-64 years old played games. In line with this data, there is opportunity and motivation to develop a learning system for basic choral theory using a gamification method which aims to make it easier for users to carry out the learning process. System development was carried out using the waterfall method. The system was tested with validation testing using black box testing with a success rate of 100%, compatibility testing against several web browsers, namely Chrome, Edge, Mozilla Firefox, and Safari with a success rate of 100%, comparative testing of pretest scores and posttest scores saw an increase of 15%, The results of the usefulness test were 87.78%, ease of use was 88.5%, ease of learning was 91.87%, and satisfaction was 87.14%. The total results using the USE Questionnaire got a result of 88.42% in the "most qualified" category.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524150198
Uncontrolled Keywords: paduan suara, gamifikasi, React js, waterfall, komparasi-choir, gamification, react js, waterfall, comparation
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 01 Apr 2024 07:32
Last Modified: 01 Apr 2024 07:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/216219
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nur Laili Amalia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item