Dewi, Najla’ Aulia and Ir. Retno Indah Rokhmawati, S.Pd., M.Pd. and Buce Trias Hanggara, S.Kom., M.Kom. (2024) Pengembangan Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Mobile Dzikra Berdasarkan Indikator Pada UX Honeycomb. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dzikra adalah aplikasi berbasis mobile yang dikembangkan oleh PT Bejana Investidata Globalindo sebagai aplikasi yang hadir untuk memberikan kemudahan, kenyamanan, dan kebermanfaatan kepada pengguna untuk dapat melakukan kebiasaan baik dalam beribadah walaupun memiliki mobilitas yang tinggi. Fitur Daily Mission merupakan fitur utama dalam Dzikra yang dihadirkan untuk menjaga pengguna tetap istiqomah dalam beribadah. Sejak awal tahun 2023 hingga bulan Agustus 2023 statistik penggunaan daily mission cenderung tidak stabil dan per bulan Mei sampai dengan Juli 2023 terjadi penurunan yang terus menerus sehingga perlu dilakukan evaluasi pengalaman pengguna untuk mengetahui pemetaan masalah dan pengembangan pengalaman pengguna untuk perbaikan kedepannya. UX Honeycomb digunakan sebagai indikator untuk mengukur pengalaman pengguna. Setiap indikator UX Honeycomb akan dihitung nilai rata-ratanya dan dilakukan analisis atas hasil pengambilan data dengan analisis statistik deskriptif. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 60 orang responden yang merupakan pengguna aplikasi Dzikra dengan karakteristik aktivis masjid dan orang yang bepergian (perantau). Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata pengalaman pengguna secara keseluruhan adalah 4.52 dengan urutan nilai tertinggi ke yang terendah dari setiap indikator UX Honeycomb adalah Useful (4.63), Valuable (4.62), Findable (4.56), Credible (4.55), Desirable (4.47), Usable (4.42), dan Accessible (4.37). Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif maka indikator Desirable, Usable, dan Accessible perlu dilakukan pengembangan pengalaman pengguna dan diberikan rekomendasi pengembangan desain.
English Abstract
Dzikra is a mobile-based application developed by Bejana Investidata Globalindo Inc. to provide convenience, comfort, and usefulness to users to perform good habits in worship despite having high mobility. The Daily Mission feature is the main feature of Dzikra aimed to keep the user consistent in worship. From the beginning of 2023 until August 2023, the statistics of daily mission usage tended to be unstable, and from May to July 2023, there was a continuous decline, making it necessary to evaluate the user experience to find out problem mapping and user experience development for future improvements. UX Honeycomb was used as an indicator to measure user experience. Each UX Honeycomb indicator would be calculated as the average value and analyzed for the data collection results with descriptive statistical analysis. The number of samples in this research was 60 respondents of users of the Dzikra application with the characteristics of mosque activists and people who traveled (migrants). The results of descriptive statistical analysis showed that the average value of the overall user experience was 4.52, with the order of the highest to the lowest value of each Honeycomb UX indicator was Useful (4.63), Valuable (4.62), Findable (4.56), Credible (4.55), Desirable (4.47), Usable (4.42), and Accessible (4.37). Based on the descriptive statistical analysis results, the Desirable, Usable, and Accessible indicators needed to be developed for user experience, and design development recommendations were given.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524150191 |
Uncontrolled Keywords: | pengalaman pengguna, UX Honeycomb, Dzikra-user experience, UX Honeycomb, Dzikra |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 25 Mar 2024 02:25 |
Last Modified: | 25 Mar 2024 02:25 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/216133 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Najla' Aulia Dewi.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |