Pengaruh Bauran Pemasaran Tehadap Kepuasan Konsumen Pada Kafe Ekologie Malang.

Simanullang., Fetri Maharani and Neza Fadia Rayesa,, STP, M. Sc (2024) Pengaruh Bauran Pemasaran Tehadap Kepuasan Konsumen Pada Kafe Ekologie Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam era industri modern di Indonesia, sektor industri kuliner, khususnya usaha kafe, mengalami pertumbuhan pesat di Kota Malang. Kota ini, sebagai pusat pendidikan, menciptakan pangsa pasar yang luas terutama dari mahasiswa. Industri kafe di Kota Malang berkembang pesat dalam dekade terakhir, dengan peningkatan jumlah kafe. Salah satu kafe yang menonjol adalah Kafe Ekologie, berdiri sejak 2018 dan berlokasi di area perumahan. Meskipun industri kafe tumbuh, persaingan di Kota Malang sangat ketat, menuntut strategi pemasaran yang baik. Penelitian ini membahas tentang analisis elemen bauran pemasaran (7P) untuk menentukan pengaruhnya terhadap kepuasan pelanggan di Kafe Ekologie, dengan harapan dapat meningkatkan strategi pemasaran dan memenuhi kepuasan pelanggan. Metode penentuan responden dalam penelitian ini yaitu menggunakan Purposive Sampling sampling metode non-probability. Jumlah sampel yaitu sebanyak 100 sampel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) dengan menggunakan WarpPLS 7.0. Hasil dari penelitian ini yaitu bauran pemasaran terkait dengan Product, Place, People, dan Physical Evidence memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Sementara itu, Price, Promotion, dan Process juga memiliki pengaruh positif, namun tidak secara signifikan terhadap kepuasan konsumen. Kafe Ekologie Malang menerapkan konsep bauran pemasaran 7P dimana sampel memberikan penilaian tinggi pada produc, place, people dan physical evidence dinilai cukup konsisten, dan adanya perbaikan pada price, promotion dan process. Saran yang dapat diberikan kepada Kafe Ekologie Malang yaitu meningkatkan efisiensi layanan kasir dengan pelatihan karyawan dan perbaikan sistem guna memastikan pengalaman pelanggan yang lebih efisien. Penting juga mengimplementasikan mekanisme respon yang cepat terhadap keluhan pelanggan. Evaluasi mendalam terhadap strategi promosi melalui media sosial perlu dilakukan, serta perbaikan fasilitas parkir untuk meningkatkan pengalaman keseluruhan konsumen. Pelatihan karyawan menjadi kunci, terutama dalam meningkatkan layanan pelanggan dan komunikasi yang efektif.

English Abstract

In the modern industrial era in Indonesia, the culinary industry sector, especially the cafe business, experienced rapid growth in Malang City. The city, as an educational center, creates an extensive market share mainly from college students. The cafe industry in Malang City has grown rapidly in the last decade, with an increase in the number of cafes. One of the prominent cafes is Kafe Ekologie, established since 2018 and located in a residential area. Although the cafe industry is growing, the competition in Malang City is fierce, demanding a good marketing strategy. This study discusses the analysis of elements of the marketing mix (7P) to determine its effect on customer satisfaction in Kafe Ekologie, in the hope of improving marketing strategies and meeting customer satisfaction. The method of determining respondents in this study was using Purposive Sampling sampling non-probability method. The number of samples is as many as 100 samples. The data analysis technique used in this study is Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) using WARPPLS 7.0. The result of this study is that the marketing mix related to Product, Place, People, and Physical Evidence has a positive and significant influence on consumer satisfaction. Meanwhile, Price, Promotion, and Process also have a positive, but not significant, influence on consumer satisfaction. Kafe Ecologie Malang applies the concept of 7P marketing mix where samples give high ratings on produc, place, people and physical evidence are judged fairly consistently, and there are improvements in price, promotion and process. Advice that can be given to Kafe Ekologie Malang is to improve the efficiency of cashier services by training employees and improving the system to ensure a more efficient customer experience. It is also important to implement a quick response mechanism to customer complaints. In-depth evaluation of promotion strategies through social media needs to be carried out, as well as improvements to parking facilities to improve the overall consumer experience. Employee training is key, especially in improving customer service and effective communication.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524040086
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 19 Feb 2024 03:35
Last Modified: 19 Feb 2024 03:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/216132
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Fetri Maharani Simanullang.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item